PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (CONSUMER LOYALTY) STUDI KASUS PADA KONSUMEN ZOYA (JILBAB) DI KOTA PONTIANAK

Isi Artikel Utama

Maulana Filani Rizal
Lena Widyasari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek (brand image) dan
kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas konsumen (consumer loyalty) studi
kasus pada konsumen zoya (jilbab) di kota pontianak. Populasi dalam penelitian ini adalah
pengguna zoya (jilbab) di Kota Pontianak. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampel, purposive sampling.
Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode wawancara,
observasi, dan angket (kuesioner). Terdapat beberapa metode penelitian yang digunakan
pada penelitian ini di antaranya yaitu uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji
reabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji
heteroskedatisitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi liner berganda, uji t (uji
parsial), uji f (uji simultan), dan koefisien determinasi (Adjusted-R2). Hasil penelitian ini
menujukan bahwa citra merek (brand image) dan kepercayaan merek (brand trust)
berpengaruh terhadap loyalitas konsumen (consumer loyalty) di Kota Pontianak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rizal, M. F., & Widyasari, L. (2023). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN KEPERCAYAAN MEREK (BRAND TRUST) TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN (CONSUMER LOYALTY) STUDI KASUS PADA KONSUMEN ZOYA (JILBAB) DI KOTA PONTIANAK. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 9(1), 39–45. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/369
Bagian
Articles

Referensi

Anggraini, Fitri & Ruzikna. 2015. Pengaruh Brand Image Terhadap Loyalita. JOM FISIP.

Vol. 3, No 1.

Bahrudin, Muhammad & Zuhro, Siti. 2015. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan

Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam.Vol. 3, No

(2015).

Bastian, A Danny. 2014. Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan

Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades

Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra. Vol. 2, No 1. Pp. 1 – 9.

Delgado, Elena and Jose L. Munuera (forthcoming), Brand Trust in the Context of Consumer

Loyalty, European Journal of Marketing.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP

Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan mempertahankan kesetiaan

Pelanggan. Jakarta: Erlangga.

Hengestu, Nelsen & Iskandar, A Donant. 2017. Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap

Loyalitas Pelanggan Air Minum Dalam Kemasan. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis

(JRMB). Vol. 2, No 3. Pp. 363 – 372.

Hermawan, Budi. 2011. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek dan

Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori

dan Terapan. Vol. 4, No 2.

Indrawati, Devi. 2015. Pengaruh Citra Merek Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan

Pembelian Jilbab “Zoya”. Journal of Research in Ekonomics ad Management. Vol. 15,

No 2.

Januar, F Al & Karneli, Okta. 2016. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan merek terhadap

Loyalitas Konsumen. JOM FISIP. Vol. 3 No. 2.

Keller, K. L. 2003. “Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brad

Equity, 2th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip and Armstrong, Gary. 2001. Marketing: An Introduction, (Third Edition).

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi ke-12, Jilid 1.

Jakarta: Indeks.

Marhadi, dkk. 2014. Analisis Pengaruh Kreativitas Iklan, Daya Tarik Iklan Dan Kredibilitas

Endorser Terhadap Brand Attitude Pada Produk Handphone Android Di Kota

Pekanbaru. Jurnal Ekonomi Vol. 22, No 1.

Mowen, John C. dan Minor, Michael. 2002. Behavior Consumers. Translation by lina Salim.

Jakarta: PT Publisher Erland.

Mowen, J.C., dan Minor, M., 2001. Perilaku Konsumen,edisi 5, Jakarta: PT Penerbit Erlangga

Purbarani, H Vidya & Santoso, b Suryono. 2013. Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas

Produk, Diferensiasi Produk, Kualitas Layanan Dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian. Diponegoro Journal of Management. Vol. 2, No 3. Pp. 1.

Rangkuti, Fredy. 2009. The Power of Brand. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rizaldi, Mufti. 2016. Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Pada

Smartphone Di Kalangan Mahasiswa Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi

Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol 4, No 2.

Stanton, William J. Buskirk, Richard H. Gulo, D.H. 1991. Taktik dan Strategi Pemasaran.

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D, Bandung: CV. Alfabeta.

Wijayanto, Indra & Iriani, S Sri. 2013. Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Konsumen.

Jurnal Ilmiah Manajemen. Vol. 1, No 3