https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/issue/feed Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti 2025-08-25T13:40:57+07:00 Angga Hendharsa angga.hendharsa@upb.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Equilibrium Manajemen adalah jurnal terbitan khusus Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Panca Bhakti yang diperuntukkan bagi dosen dan Mahasiswa yang berkepentingan untuk mempublikasi penelitiannya yang bertujuan untuk memberikan kontribusi dalam informasi hasil riset dibidang manajemen.</p> <p>Publikasi Jurnal Equilibrium Manajemen mencakup, tapi tidak terbatas pada:</p> <p>- Area manajemen Fungsional: Keuangan, Pemasaran, Operasi, dan Manajemen Sumber Daya Manusia</p> <p>- Kewiraswastaan</p> <p>- Etika bisnis</p> <p>- Manajemen Pengetahuan dan Organisasi Pembelajaran</p> <p>- Digital Bisnis</p> <p>ISSN (Online): 2460-2299 <br />ISSN (Cetak): 1693-5233</p> https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/564 Analisis Rasio Profitabilitas Pada Pt Astra Agro Lestari Tbk Periode 2020-2024 2025-08-25T11:35:38+07:00 Suardi Satel suardisatel@gmail.com Yuliana yuliana8284@gmail.com Maksum maksum1901@yahoo.com <p><em>Rasio Profiitabilitas merupakan tolak ukur dari keberhasilan untuk perusahaan dengan melihat efisiensi dari penggunaan modalnya. Didalam menghitung profitabilitas suatu perusahaan dibutuhkan laporan keuangan dari perusahaan pada saat tertentu. Rasio Profitabilitas diperlukan untuk mengetahui sebeapa besar kemampuan perusahaan untuk mendapatkan laba. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tingkat Profitabilias pada PT Astra Agro Lestai Tbk periode 2020 – 2024. Dalam penelitian ini penulis menggunakan bentuk penelitian deskriptif kuantitatif. Data dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang di peroleh dari situs resmi PT Astra Agro Lesatri Tbk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan perhitungan Margin Laba Kotor (gross profit margin), Margin Laba Bersih (Net Profit Margin), Retrun On Asset (ROA), dan Retrun On Equity (ROE). Berdasarkan hasil dari analisis yang dilakukan menunjukan bahwa tingkat perhitungan Margin Laba Kotor (gross profit margin), Margin Laba Bersih (Net Profit Margin), Retrun On Asset (ROA), dan Retrun On Equity (ROE).dari tahun 2020 – 2024 Analisis kinerja keuangan perusahaan selama lima tahun terakhir menunjukkan fluktuasi signifikan pada margin laba kotor, margin laba bersih, ROA, dan ROE. Margin laba kotor sempat melonjak dari 1,75% (2020) ke 25,26% (2021), namun turun drastis di tahun-tahun berikutnya sebelum kembali naik ke 27,38% (2024). Margin laba bersih dan ROA juga menunjukkan tren naik-turun, dengan margin laba bersih mencapai titik terendah 2,26% pada 2024 dan ROA sempat puncak di 6,02% (2022) lalu menurun. ROE mengalami penurunan awal, kemudian naik ke 6,68% (2023) sebelum turun lagi</em></p> 2025-05-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/565 Pengaruh Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Geoff Max Di Kota Pontianak Dengan Customer Perceived Value Sebagai Mediasi 2025-08-25T11:48:33+07:00 Ilpan Ilpanmhmd@gmail.com Adi Mursalin adi.mursalin@upb.ac.id Angga Hendharsa angga.hendharsa@upb.ac.id <p><strong>Penelitian ini bertujuan untuk </strong>menganalisis pengaruh Influencer Marketing terhadap keputusan pembelian sepatu Geoff Max di Kota Pontianak dengan Customer Perceived Value sebagai variabel mediasi. Menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan purposive sampling, penelitian ini melibatkan 100 responden dan dianalisis melalui SEM-PLS 3.0 menggunakan SmartPLS. Hasil menunjukkan bahwa Influencer Marketing berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (p-value 0.004 &lt; 0.05) serta meningkatkan Customer Perceived Value (p-value 0.000 &lt; 0.005). Customer Perceived Value juga berdampak positif terhadap Keputusan Pembelian (p-value 0.000 &lt; 0.05) dan berperan sebagai variabel mediasi (p-value 0.000 &lt; 0.05). Temuan ini menegaskan bahwa keberhasilan Influencer Marketing tidak hanya bergantung pada popularitas, tetapi juga pada kemampuannya membentuk persepsi positif terhadap nilai produk, yang mendorong keputusan pembelian.</p> 2025-05-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/566 Pengaruh Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan Property Dan Real Estate Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2020-2023 2025-08-25T12:41:30+07:00 Boris boristzy54@gmail.com Muhammad Zalviwan zalviwan07@gmail.com Uray Andrey Indra Maulana urayandrey@upb.ac.id <p>Penelitian ini menganalisis pengaruh profitabilitas dan kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan properti dan <em>real estate</em> di BEI periode 2020-2023. Profitabilitas diukur dengan ROE, kebijakan dividen dengan DPR, dan nilai perusahaan dengan PBV. Metode yang digunakan adalah regresi data panel dengan data dari laporan keuangan BEI, dianalisis menggunakan <em>E-Views</em>. Sampel penelitian terdiri dari 19 perusahaan yang konsisten membagikan dividen dari total populasi 92 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan (PBV). Sementara itu, kebijakan dividen (DPR) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Namun, secara simultan, profitabilitas dan kebijakan dividen berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.</p> 2025-05-27T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/567 Fear Of Missing Out Dalam Membentuk Self Control Dan Impulse Buying Pembelian Coffee Shop Viral Di Pontianak 2025-08-25T13:10:26+07:00 Tantri tantritanshua@gmail.com Dina Octaviani Dina.octaviani@upb.ac.id Arweni arwnibrhm@upb.ac.id <p><em>Coffe Shop</em> di Pontianak adalah bukti bahwa minat masyarakat terhadap kopi semakin meningkat. Dengan konsep yang unik, cita rasa yang beragam, dan suasana yang nyaman, kedai kopi di Pontianak berhasil memikat hati para pecinta kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui <em>fear of missing out</em> (fomo) dalam membentuk <em>self control</em> dan <em>impulse buying</em> pembelian <em>coffee shop</em> viral. Populasi pada penelitian ini yaitu orang yang pernah membeli <em>Coffe Shop</em> di Pontianak, yang dipilih dengan metode <em>purposive sampling</em>, sehingga total sampel adalah 100 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menguji hipotesist menggunakan SmartPLS3. Hasil pada penelitin ini fomo berpengaruh positif terhadap pembelian <em>coffee shop</em> viral dipontianak, <em>self control</em> berpengaruh positif terdadap pembelian <em>coffee shop</em> viral dipontianak, <em>impulse buying</em> berpengaruh positif terhadap pembelian <em>coffee shop</em> viral dipontianak</p> 2025-05-28T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/568 Pengaruh Influencer Marketing, WOM(Word Of Mouth) Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Chatting Café & Dimsum Di Kota Pontianak 2025-08-25T13:40:57+07:00 Reni Ernawati ernawatir173@gmail.com Aisyah aisyah@upb.ac.id Ricola Dewi Rawa ricola.dewi@upb.ac.id Febrianawati febrianawati@upb.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh <em>influencer marketing, word of mouth</em> (WOM) dan&nbsp; <em>brand image</em> terhadap Keputusan pembelian pada chatting café &amp; dimsum dikota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 26. Teknik pengambilan sampel mengunakan teknik <em>accidental sampling</em> dengan menggunakan metode <em>non-probability sampling</em> dengan jumlah sampel sebanyak 170 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel influencer marketing, <em>word of mouth</em> (WOM) dan <em>brand image</em> berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara persial, variabel&nbsp; <em>word of mouth</em> dan <em>brand image</em> memberikan pengaruh yang lebih dominan dibandingkan <em>influencer marketing</em>. Temuan ini menunjukkan bahwa ulasan konsumen dan persepsi merek memainkan peran penting dalam mendorong keputusan pembelian pada chatting café &amp; dimsum di kota Pontianak.</p> 2025-05-28T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025