Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Tekanan Darah Pada Karyawan Swasta Dengan Hipertensi

Penulis

  • Dini Afriani Khasanah Program Studi Fisioterapi, Fakultas Pertanian Sains dan Teknologi, Universitas Panca Bhakti
  • Imma Fatayati Program Studi D3 Teknologi Laboratorium Medis, Poltekkes Kemenkes Pontianak
  • Enny Fauziah Program Studi D3 Fisioterapi, Politeknik Unggulan Kalimantan
  • Listya Triandari Program Studi Fisioterapi, Fakultas Pertanian Sains dan Teknologi, Universitas Panca Bhakti

Kata Kunci:

Tingkat kecemasan, hipertensi, karyawan

Abstrak

Tuntutan pekerjaan menjadi beban kerja. Beban kerja bagi seorang karyawan yang merupakan salah satu faktor pencetus seseorang mengalami kecemasan. Ditambah lagi, jika karyawan tersebut kurang melakukan aktivitas fisik, maka akan terjadi perubahan pada sistem tubuhnya. Salah satu sistem yang paling berdampak adalah sistem kardiovaskuler seperti perubahan tekanan darah. Bagi karyawan yang mengalami hipertensi dan memiliki beban kerja yang tinggi, maka menimbulkan kecemasan yang berlebihan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat kecemasan dan hipertensi pada karyawan swasta. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasi analitik dengan purposive sampling design. Responden dalam penelitian berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian mendapatkan nilai p dari tekanan darah sistolik sebesar 0,002 dan nilai r = 0,655 yang bermakna hubungan positif dan kekuatan korelasi yang tinggi. Sedangkan nilai p dari tekanan diastolic sebesar 0,559 dan nilai r = 0,139 yang bermakna bahwa hubungan positif dan kekuatan korelasi yang sangat rendah. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dan tekanan darah sistolik pada karyawan swasta dengan hipertensi. Namun tidak adanya hubungan yang signifikan antara tingkat kecemasan dan tekanan darah diastolik. Hal ini karena tekanan darah diastolik berhubungan dengan sirkulasi koroner, dimana jika tidak ada dilakukan relaksasi maka tidak mengalami perubahan yang berarti.

Referensi

Andriani, Fitrizah. (2012). Analisa Tingkat Stres Kerja Karyawan Non Manajerial Pada PT Astra Zaneca Indonesia. Penelitian Universitas Indonesia. Depok.

Arifuddin, A., & Nur, A. 2017. Pengaruh Efek Psikologis Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi. IEEE International Conference on Acoutics, Speech, and Signal Processing (ICASSP) 2017. 41(2):84-93.

Harmanto, R. (2013). Buku Ajar Kesehatan Kerja. Jakarta: EGC.

Khasanah, Dini A., Junaedi, MP., ‘Amaliyah, MN., Triandari, Listya., Nelissa, Deni & Wagner, Ivan. (2023). Hubungan Tingkat Kecemasan dan Tekanan Darah Pada Karyawan Universitas Panca Bhakti. Jurnal FISIO MU: Physiotherapy Evidences. Juli, Vol. 4,(2):176-180.

Khasanah, Dini A. (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Wanita Lanjut Usia Dengan Hipertensi Primer Di Posyandu Lansia Peduli Insani Mendungan Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta.

Kartika, C. Duri. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi. Surakarta

Machdan, DM & Hartini, N. (2012). Hubungan Antara Penerimaan Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Tundaksa di UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Tubuh Pasuruan. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental. Juni, Vol. I, (02).

Marliana, Thika., Kaban, Irsan Surya. & Chasanah, Uswatun. (2019). Hubungan Kecemasan Lansia Dengan Hipertensi di Puskesmas Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur. Konas Jiwa XVI Lampung: 306-311.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Riset Kesehatan Dasar. (2013). Hasil Riskesdas 2013 Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Riyadi, Tasya S. (2017). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Hipertensi Pada Pegawai Bank. Universitas Trisakti. Skripsi. Jakarta.

Setyawan, A.B. (2017). Hubungan Antara Tingkat Stres Dan Kecemasan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Klinik Islamic Center Samarinda. Jurnal Ilmu Kesehatan. Vol. 5(1).

Smeltzer & Bare. (2013). Keperawatan Medikal Bedah: Buku Ajar. Edisi 8. Jakarta: EGC.

Sugiyono & Pupandhani, Mitha E. (2020). Metode Penelitian Kesehatan cetakan. 1. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V W. (2015). Statistik Untuk Kesehatan. Yogyakarta: Gava Media.

Yassir, Husaini & Farhan. (2020). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Insomnia Pada Mahasiswa Angkatan 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Makassar.

Diterbitkan

03-04-2023

Cara Mengutip

Afriani Khasanah, D., Fatayati, I., Fauziah, E., & Triandari, L. (2023). Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Tekanan Darah Pada Karyawan Swasta Dengan Hipertensi. Equator Physiotherapy, 1(01), 5–11. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equator/article/view/378

Terbitan

Bagian

Artikel