Gambaran Status Gizi dan Kelainan Kulit pada Anak Pra Sekolah di Tk Islam Al-Fathonah
Kata Kunci:
anak, kelainan kulit, status giziAbstrak
Status gizi merupakan ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi anak yang diukur berdasarkan berat badan dan tinggi badan. Permasalahan gizi dapat memiliki dampak pada tumbuh kembang dan dapat meningkatkan risiko infeksi terhadap anak termasuk infeksi pada kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran status gizi dan kelainan kulit pada murid Tk Islam Al-Fathonah Kab. Kubu Raya. Jenis penelitian ini ialah deskriptif observasional dengan desain cross sectional. Jumlah populasi 30 orang murid dengan jumlah subjek 28 anak diperoleh dengan metode total sampling. Pemeriksaan status gizi berdasarkan pemeriksaan berat badan dan tinggi badan disingkronisasikan dengan grafik WHO untuk usia 0-5 tahun dan CDC untuk usia >5 tahun. Penilaian status kelainan kulit berdasarkan pemeriksaan secara langsung. Status gizi murid TK Islam Al-Fathonah terdiri dari 78,6% gizi baik dan 21,4% yang mengalami permasalahan status gizi. Status kelainan kulit didapatkan kelainan kulit berupa pioderma, tinea, dermatitis, dan miliaria.
Referensi
Djuanda, A. (2016). Bentuk-Bentuk Pioderma. Dalam Srilinuwih (Ed). Ilmu Penyakit Kulit Dan Kelamin Edisi Ketujuh. Jakarta : Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Indonesia
Gusrianti, Nizwardi A, & Hafni B. 2019. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Balita di Kelurahan Limau Manis Selatan Wilayah Kerja Puskesmas Pauh Kota Padang. Andalas Journal of Health. Vo. 8 No. 4 (2019)
Gustia, Rina., Satya WY., & Sigya O. 2020. Karakteristik penyakit kulit pada anak di poliklinik kulit dan kelamin RSUP. Dr. M. Djamil Padang periode 2016-2018. JKS. Vol 20 No. 3
Hidayati, T, dkk. 2019. Pendamping Gizi pada Balita. Sleman: CV Budi UtomoIsabella, M., dkk. 2022. Infeksi penyakit kulit pada anak dan determinannya. Jurnal Prima Medika Sains Vol. 4 No.1
Jesika P, Hilal N. Hubungan Jenis Sumber Air Dan Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Dermatitis Di Desa Kedungrandu Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas Tahun 2016. Bul Keslingmas. 2017;36(4):494–500
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2018. WartaKesmas : Gizi Seimbang, Prestasi Gemilang. https://kesmas.kemkes.go.id/assets/upload/dir_519d41d8cd98f00/files/WartaKesmas-Edisi-1-2019_1357.pdfKesari Aditi & Julia YN. 2023. Nutritional Assessment. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing LLC.
Khair A, Suci Fitri R & Muhsinin. 2021. Faktor yang Mempengaruhi Status Gizi Anak Prasekolah. Dinamika Kesehatan Vol. 12 No. 1 Juli 2021
Mamahit, AY, Vera K & Misra AN. 2019. Pola Makan dan Status Gizi Anak Usia Pra Sekolah di Puskesmas Melonguane Kepulauan Talaud. JUIPERDO. Vol. 7 No. 1
Mkhize, M., & Sibanda, M. 2020. A Review of Selected Studies on the Factors Associated with the Nutrition Status of Children Under the Age of Five Years in South Africa. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(7973), 1–26.
Nugraha, P.H. (2018). Hubungan Tingkat Status Gizi Dengan Kejadian Pioderma Superfisialis Pada Anak Usia 6-10 Tahun. Di akses tanggal 15 Maret 2020
Paediatr Child Health. 2010. A Health Professional’s Guide for Using the new WHO Growth Charts. Diakses 2010 Feb; 15 (2): 84-90
Riskesdas. 2018. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS), Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Sakti, T., Arifiyanto.,& Maulida. Hubungan Status Gizi dengan Perkembangan Anak Usia 1-5 tahun di Posyandu Dukuh Mudal RW 004 Kecamatan Pamotan Rembang. JNWH Vo. 3 No. 2 (2016)
Sari, Indah Purnama, dkk. 2020. Hubungan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi anak balita di Desa Lawe Hijo Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara.
Siddiq, N.A.A. 2018. Penyakit Infeksi dan Pola Makan dengan Kejadian Status Gizi Kurang berdasarkan BB/U pada Balita Usia 6-24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Tanah Sepenggal. Scientia Journal. Vol. 7, no. 2, pp. 158-165
Soetjiningsih dan Ranuh. 2014. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.