Sosialisasi E-RDKK Pupuk Bersubsidi Pada Kelompok Tani Di WKPP Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya

Penulis

  • Hery M Kurniawan Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti
  • Sri Widarti Fakultas pertanian Universitas Panca Bhakti

Kata Kunci:

e-RDKK, Pupuk Bersubsudu, WKPP, Kelompok Tani

Abstrak

Pelaksanaan  kegiatan  Pengabdian  Kepada Masyarakat  ini bertujuan  untuk meningatkan pengetahuan Mitra didalam penggunaan dan pemanfaatan e-RDKK Pupuk Bersubsidi pada Kelompok Tani Di  WKPP  Desa Kuala Dua Kecamatan  Sungai  Raya Kabupaten  Kubu Raya.  Diharapkan  dari pelaksaaan  ini Mitra  akan  lebih  baik di dalam  pengusulan  dan penginputan data-adat yang dipseersysarkat agar petani atau Kelompok Tani mendapaykan alokasi pupuk bersubsidi,terutama sekali dalam penggunaa  e-RDKK. Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan dalam beberapa Tahap. Tahap pertama adalah penyampaian rencana kegiatan PKM kepada Mitra, Tahap Kedua adalah melakukan kunjungan langsung ke Mitra dan Tahap Ketiga adalah memberikan   sosialisalisasi dan aplikasi e-RDKK pada seluruh anggota Mitra dalam hal ini Ketua Kelompok Tani yang ada di WKPP Desa Kuala Dua  Kecamatan   Sungai  Raya  Kabupaten   Kubu   Raya.  Pelaksanaan   tahapan   sangat kondisional sekali, artinya bisa dilaksanakan secara daring dan tatap muka langsung dengan memperhatikan protokol  kesahatan  dimasa  pandemic  corona.  Metode  yang  dgunakan adalah dalam bentuk komunikasi  dua arah dan praktek secara langsung system e-RDKK kapada Mitra.

Referensi

Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian. 2018. Petunjuk pelaksanaan penyediaan dan

penyaluran pupuk bersubsidi tahun 2018. Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementan. Direktorat Jenderal Prasaran dan Sarana Pertanian. Mekanisme Penyaluran Pupuk Bersubsidi. Bahan Tayang FGD.

Mufidab, N., & Prabawati, I. 2018. Implementasi program penyaluran pupuk bersubsidi melalui kartu tani diDesa Durung Bedug, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Working Paper Universitas Negeri Surabaya.

Pasaribu, S., & Gunawan, E. 2019. Pelaksanaan aplikasi kartu tani mendukung peningkatan produksi pertanian. Laporan Hasil Penelitian. Biro Perencanaan Kementan dan PSEKP.

Pengelolan Pupuk Bersubsidi Tahun Anggaran 2021. Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian, Kementan. Direktorat Jenderal Prasaran dan Sarana Pertanian. Jakarta.

Sosialisasi Input eRDKK Pupuk Subsidi

©2021 Merdeka.com. Kementan. Jakarta.

Warta Sambas. 2021.Sistern Elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok atau e-RDKK pupuk bersubsidi untuk kebutuhan tahun 2022, ditutup pada Oktober 2021.

--------- 2021. Realisasi penyerapannya hingga Juli 2021 baru 51.574,45 ton atau 31,64 persen. dikutip WARTA SAMBAS dari ANTARA

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-30

Cara Mengutip

Kurniawan, H. M., & Widarti, S. (2021). Sosialisasi E-RDKK Pupuk Bersubsidi Pada Kelompok Tani Di WKPP Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Manajemen, 1(1), 30–39. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jpkmm/article/view/284

Terbitan

Bagian

Artikel