Pelatihan Strategi Pemasaran Hasil Bumdes Punggur Besar Melalui Media Sosial

Penulis

  • Aisyah Aisyah Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti
  • Ricola Dewi Rawa Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti
  • Windi Pratiwi Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti

Kata Kunci:

Kewirausahaan, Strategi Pemasaran, Facebook Marketing

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu untuk membantu masyarakat khususnya PKK Desa Punggur Besar melakukan pemasaran produk hasil BUMDEs melalui media social, tidak hanya dapat meningkatkan pengetahuan tetapi dimana sosial media sebagai salah satu upaya pemanfaatan teknologi dan informasi pada bisnis dan pemasaran akan meningkatkan daya jual dan daya saing produk unggulan pada skala global. Metode yang digunakan yaitu teknik ceramah dan demonstrasi. Tahapan yang dilakukan mulai dari tahap persiapan yaitu survey, penentuan lokasi sasaran, persiapan sarana dan prasarana serta penyusunan materi pelatihan). Kemudian tahap pelaksanaan yaitu pemaparan materi, pelatihan dan pendampingan. Tahap akhir yaitu evaluasi kegiatan salah satunya dianggap tercapai apabila PKK Desa Punggur Besar mampu memahami Teknik fotografi dan membuat konten media social untuk produk hasil BUMDes Punggur Besar. Adapun hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yaitu masyarakat
khususnya PKK Desa Punggur Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya telah memiliki pengetahuan strategi pemasaran, membuat konten media social dan teknik fotografi untuk produk hasil BUMDes Punggur Besar melalui media social.

Referensi

https://punggurbesar.desakkr.id/

Budi, Fabiabus, F. (2018). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan. Vol. 2 (1-9).

Gitorsardjono, Sukamdani Sahid (2013). Wirausaha Berbasis Islam & Kebudayaan, Jakarta: Pustaka Bisnis Indonesia.

Irham Fahmi, Kewirausahaan Toeri, Kasus dan Solusi, Bandung: Alfabeta, 2014, h. 2. Pramiana, Omi., & M. Ryvaldo Gilang (2022). Pendampingan Digital Marketing Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Puri Makmur Guna Optimalisasi Pemasaran. Journal Of Community Service. Vol 6 No 1. h. 5-12.

Suryana (2014). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.

Yudiarno, Feby Septiansah., Imamatur Rofi’a., Risma Dwi Cahyani., & Nur Hayati (2021). Optimalisasi Strategi Pemasaran BUMDes melalui E-Commerce di Era Pandemi Covid-19 (Studi Kasus BUMDes Madu Sejahtera Desa Segoromadu). Buletin Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Vol 1. No. 1. P. 1-12

Zhang, H., & Zhang, Y. (2013). Psychological Characteristics of Entrepreneurship of College Students in China. Psychology, p. 159-164.

Unduhan

Diterbitkan

2022-07-18

Cara Mengutip

Aisyah, A., Rawa, R. D., & Pratiwi, W. (2022). Pelatihan Strategi Pemasaran Hasil Bumdes Punggur Besar Melalui Media Sosial. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Manajemen, 2(1), 1–6. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jpkmm/article/view/285

Terbitan

Bagian

Artikel