Peningkatan Kemampuan Pembukuan Dan Pemasaran Produk Bagi UMKM Di Pontianak

Penulis

  • Jaurino Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti
  • Aris Setiawan Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti

Kata Kunci:

Penyusunan Laporan Keuangan, Pemasaranan Online, UMKM Kuliner dan Fashion

Abstrak

Kontribusi UMKM terhadap Prouduk Domestik Bruto (PDP) mampu menembus angka

60.34% ditahun 2018 atau sebesar kurang lebih Rp 8.400 triliun dari Rp 14.000 triliun. Dalam rangka membantu UMKM dalam penyusunan laporan keuangan yang transparan dan akuntabel untuk  mewujudkan  pelaku  UMKM  yang  maju,  mandiri  dan  modern  serta  memiliki  akses pendanaan yang luas , Ikatan Akuntansi Indonesia (IAI) telah menggulirkan Standar Akuntansi Keuangan bagi Entitas, Mikro, Kecil dan Menengah (SAK-EMKM) yang berlaku efektif 1 Januari 2018. Disisi lain perkembangan metode pemasaran juga mengalami perkembangan dengan berbasis Teknologi Informasi ( IT) yaitu metode Online. Berdasarkan observasi para pelaku UMKM belum melakukan  penyusunan  laporan  keuangan  dan  atau  berdasarkan  SAK-EMKM,  serta  masih terbatasnya kemampuan pemasaran dengan Online.Oleh karenanya   diperlukan adanya pelatihan/pendampingan  penyusunan laporan keuangan dan pemasaran produk secara online bagi pelaku UMKM. Metode pelaksanaan kegiatan dengan menggunakan metode tutorial dan pendampingan. Adapun manfaat yang diperoleh adalah percepatan mengedukasi para pelaku UMKM  dalam  penyusunan  laporan  keuangan  dan  pemasaran  produk  secara  online.  Bagi pemerintah dengan adanya kemampuan para pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan memudahkan  pemerintah  dalam  menetapkan  besarnya  pajak  yang  dikenakan  kepada  pelaku UMKM.

Referensi

(IAI), I. A. I. (2018). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah

(SAK-EMKM). Jakarta.

Lokadata. (2018). https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/kontribusi-umkm-terhadap- pdb-2010-2018-1562917830.

Rahmawati. (2016). Bisnis Usaha Kecil Menengah. Yogyakarta: Ekuilibria.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. , (2008).

Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indosensia

Unduhan

Diterbitkan

2021-07-31

Cara Mengutip

Jaurino, & Setiawan, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Pembukuan Dan Pemasaran Produk Bagi UMKM Di Pontianak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Manajemen, 1(1), 40–50. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jpkmm/article/view/338

Terbitan

Bagian

Artikel