Antensidensi Keputusan Penggunaan Pada Harga Dan Inovasi Layanan Melalui Aplikasi Gojek
Kata Kunci:
Harga, Inovasi Layanan, Keputusan PenggunaanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Harga dan Inovasi Layanan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Gojek di Kota Pontianak. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Pintianak yang menggunakan gojek sebagai alat Transportasi. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah accidental sampling, untuk menentukan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus lemeshow di peroleh 100 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan IBM SPSS 23 untuk mengolah data yang di peroleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga dan Inovasi Layanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek di Kota Pontianak. Variabel Harga dan Inovasi Layanan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek di Kota Pontianak. Nilai koefisien Determinasi (r2 square) = 0,394, makaartinya variabel Harga (X1) dan Inovasi Layanan (X2) mempergaruhi variabel Keputusan penggunaan konsumen menggunakan Gojek sebagai alat transportasi di Kota Pontianak sebesar 39,4% sisanya sebesar 60,6% di pengaruhi oleh Variabel lain.
Referensi
Alfina Asma’ul Khasanah, Adi Santoso, N. K. (2024). Pengaruh Inovasi Layanan , Kemudahan Penggunaan , dan E-trust terhadap. 4, 5142–5154.
Badjo, H. N., Mubarok, M. Z., Fitroh, R. M., Kharist, S., Rafliansyah, R., Saputra, R., & Zuraidah, E. (2023). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 4(6), 359–366. https://doi.org/10.47065/tin.v4i6.4586
Batu, R. L., Suryani, N. I., Septia, N., & Sekaryahya, P. F. (2020). Pengaruh Harga dan Inovasi Layanan Aplikasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Taksi Express: Survei pada Pengunduh Aplikasi Express Taxis. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 1–22. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v1i01.6
Dwi Wahyuni, C. R. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82. https://doi.org/10.26533/eksis.v12i1.84
Maino, G. P., Sepang, J. L., & Roring, F. (2022). Pengaruh Inovasi Produk, Persepsi Harga dan Promosi terhadap Minat Beli pada Verel Bakery and Coffee. Jurnal EMBA, 10(1), 185. file:///C:/Users/acer/Downloads/iogi2018,+07.+Glorya+Priscilla+Maino..+OK.pdf
Prawira, M. A., Noor, I., & Nurani, F. (2019). INOVASI LAYANAN (Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta) Maulana Arief Prawira, Irwan Noor, Farida Nurani. Jurnal Administrasi Publik, 2(4), 715–721. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=190636&val=6469&title=INOVASI LAYANAN Studi Kasus Call Center SPGDT 119 sebagai Layanan Gawat Darurat pada Dinas Kesehatan Provinisi DKI Jakarta
Setia, N. (2022). Pengaruh Inovasi Layanan 4.5G dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian XL Pascabayar di kota Makassar. Bongaya Journal of Research in Management (BJRM), 5(2), 55–63. https://doi.org/10.37888/bjrm.v5i2.391
Solihin, I., & Sadeli, R. A. (2024). Pengaruh Inovasi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Tokopedia di Kota Bandung (Studi Kasus pada Produk Berlabel Dilayani Tokopedia). J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(1), 645. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1761
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D (Sutopo (ed.)). Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Statiska untuk Penelitian. Alfabeta.
Wahyuni, T., & Zuhriyah, A. (2020). Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pudak Di Toko Sari Kelapa. Agriscience, 1(1), 232–243. https://doi.org/10.21107/agriscience.v1i1.8005
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.