https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jumpa_bhakti/issue/feed JUMPA BHAKTI : (JURNAL MULTIDISIPLIN PASCASARJANA) BHAKTI 2025-02-26T19:41:49+07:00 Open Journal Systems <p>"JUMPA BHAKTI : Jurnal Multidisiplin Pascasarjana Bhakti" adalah jurnal akademik yang menerbitkan penelitian berkualitas dalam bidang hukum, manajemen, pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan. Fokus utama jurnal ini adalah memberikan solusi berbasis ilmu pengetahuan terhadap tantangan sosial dan ekonomi, serta mendukung keberlanjutan melalui pendekatan multidisiplin. Jurnal ini menyediakan platform bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk berbagi hasil penelitian inovatif yang berkontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan kebijakan publik.</p> https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jumpa_bhakti/article/view/520 Strategi Perlindungan Merek Dagang Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Barat Dalam Perspektif Hukum Bisnis 2025-02-26T18:57:07+07:00 BUJANG ALI bujangali@upb.ac.id RS. MOHAMMAD AL AMIN BAMBANG ARTOMORO muhalamin2021@gmail.com MUHAMMAD REZA FAHLEVI rezaafahlevii222@gmail.com DIPO SETIA HADY AKBAR JAYA diposetiahady8@gmail.com WAHYUDI WAHYUDI adv.wahyudi.partners@gmail.com <p>Penelitian ini mengkaji tentang perlindungan hukum terhadap merek dagang usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kalimantan Barat. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan pelaku ekonomi nasional yang mempunyai peran penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Terbukti kegiatan usaha UMKM mampu memperluas lapangan pekerjaan dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. UMKM sebagai salah satu pilar utama ekonomi nasional, memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan mendominasi struktur perekonomian nasional. Data Bank Indonesia UMKM memiliki proporsi sebesar 56.534.592 unit atau 99,99% dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia dan menyumbang PDB sekitar 60% yang terakumulasi dari berbagai sektor ekonomi UMKM. Fokus utama penelitian adalah menganalisis upaya perlindungan merek dagang UMKM dari tindakan pembajakan dan penggunaan tanpa izin, membuat strategi perlindungan merek dagang&nbsp; bagi pelaku usaha UMKM di Kalimantan Barat seperti pengembangan mekanisme pendaftaran merek yang sederhana dan terjangkau, program edukasi hukum berkelanjutan, pembentukan klinik konsultasi merek dagang khusus UMKM dan insentif pajak bagi UMKM yang mendaftarkan merek dagang serta mengidentifikasi kendala – kendala yang dihadapi UMKM dalam pendaftaran Merek. Sebagai bentuk perlindungan terhadap hak kekayaan intelektual, khsususnya hak merek terhadap UMKM, pemerintah telah mengundangkan Undang – Undang nomor 20 tahun 2016 tentang merek dan kondisi Geografis, sebagai pengganti Undang – Undang nomor 15 tahun 2019 tentang merek yang dinilai sudah tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Saat ini bahwa 22 % UMKM memiliki kesadaran kompherensif tentang pentingya perlindungan merek dagang. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa masih rendahnya kesadaran hukum pelaku UMKM&nbsp; di Kalimantan Barat dalam mendaftarkan merek dagang mereka serta terbatasnya pemahaman tentang prosedur pendaftaran merek.</p> 2025-02-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jumpa_bhakti/article/view/521 Pengaruh Promosi Dan Customer Service Terhadap Minat Beli Konsumen Di Mini Market Cipta Usaha Sejati (Studi Kasus Di Minimarket Cipta Usaha Sejati Kec. Simpang Hulu Kab. Ketapang) 2025-02-26T19:05:27+07:00 DINA OCTAVIANI dina@upb.ac.id SETYO GUNAWAN setyo.gunawan@upb.ac.id D.SUPARNI DIKI astatinftic26@gmail.com YANUARRIUS YANUARRIUS yanuarrius019@gmail.com KURNIAWAN KURNIAWAN wawankece888@gmail.com <p>Dengan kehadiran mini market dan super market merupakan tuntunan perubahan gaya hidup masyarakat. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan customer service dalam meningkatkan penjulan pada minimarket cipta usaha sejati kec. simpang hulu kab. ketapang. Teknik sampling yang diambil menggunakan Accidental Sampling adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pengunjung yang berbelanja di Minimarket Cipta Usaha Sejati Kec. Simpang Hulu Kab. Ketapang. bagian dari anggota populasi sehingga mewakili populasi, diharapkan menjadi kesimpulan dari karakteristik populasi yang mengumpulkan data menggunakan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert. yang mengukur 32 pernyataan. Analisis ini menggunakan uji regresi linier berganda di mana data diproses oleh SPSS 26. Hasil uji f yang menunjukkan promosi dan customer service secara simultan pengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen pada Minimarket cipta usaha sejati kec. Simpang hulu KAB. Ketapang. Hasil uji t parsial, diketahui bahwa promosi dan customer service secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Minimarket cipta usaha sejati kec. Simpang hulu KAB. Ketapang signifikan 0,000&lt;0,05. variabel promosi dan customer service secara parsial berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Minimarket cipta usaha sejati kec. Simpanghulu KAB. Ketapang. Dan nilai signifikan 0.000&lt;0.05.</p> 2025-02-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jumpa_bhakti/article/view/522 Antensidensi Keputusan Penggunaan Pada Harga Dan Inovasi Layanan Melalui Aplikasi Gojek 2025-02-26T19:18:24+07:00 MUHAMMAD DOING doing@upb.ac.id RANTHY PANCASASTI ranthyipb5@gmail.com LULU MARGIARTI lulumargiarti2@gmail.com DEDI SAPUTRO DIBIO dedisaputrodibio@gmail.com FRAN DEDY frandedy88@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Harga dan Inovasi Layanan terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Gojek di Kota Pontianak. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Pintianak yang menggunakan gojek sebagai alat Transportasi. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan adalah accidental sampling, untuk menentukan jumlah sampel dihitung menggunakan rumus lemeshow di peroleh 100 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah kuesioner. Metode analisis data menggunakan IBM SPSS 23 untuk mengolah data yang di peroleh. Hasil penelitian menunjukan bahwa Harga dan Inovasi Layanan secara simultan berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek di Kota Pontianak. Variabel Harga dan Inovasi Layanan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan penggunaan aplikasi Gojek di Kota Pontianak. Nilai koefisien Determinasi (r2 square) = 0,394, makaartinya variabel Harga (X1) dan Inovasi Layanan (X2) mempergaruhi variabel Keputusan penggunaan konsumen menggunakan Gojek sebagai alat transportasi di Kota Pontianak sebesar 39,4% sisanya sebesar 60,6% di pengaruhi oleh Variabel lain.</p> 2025-02-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jumpa_bhakti/article/view/523 Pengaruh Store Atmosphere, Social Media Marketing Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Berkunjung Kembali Konsumen Generasi Z Di Cw Coffee Pontianak 2025-02-26T19:28:55+07:00 RAHMAD SATRIA rahmadsatria@upb.ac.id RAYMUNDUS LOIN raymundus.loin@upb.ac.id DINA OCTAVIANI dina@upb.ac.id YANUARRIUS YANUARRIUS yanuarrius019@gmail.com RISKA SUSANTI dokterriska2701@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap minat berkunjung Kembali, untuk mengetahui pengaruh social media marketing terhadap minat berkunjung Kembali, untuk mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap minat berkunjung Kembali dan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, social media marketing dan gaya hidup terhadap minat berkunjung Kembali konsumen Gen Z di CW Coffee Pontianak. Dalam metode penelitian, penulis menggunakan metode kuantitatif bersifat deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung di CW Coffee, Dimana pengambilan sampel sebanyak 100 orang dengan kriteria yang ditentukan dan menggunakan rumus Hair et al. Teknik pengumpulan data yang digunakan</p> <p>dalam penelitian ini dilakukan dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda, uji parsial (Uji t), uji signifikasi simultan (Uji F) dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif store atmosphere terhadap minat berkunjung kembali, tidak terdapat pengaruh positif social media marketing terhadap minat berkunjung Kembali, terdapat pengaruh positif gaya hidup terhadap minat berkunjung kembali dan pengujian yang dilakukan secara simultan menunjukkan bahwa variabel store atmosphere, social media marketing dan gaya hidup berpengaruh terhadap minat berkunjung Kembali. Penulis memberikan saran dan masukan kepada CW Coffee agar terus menciptakan kenyamanan konsumen saat berada di store dan memperhatikan social media marketing dan gaya hidup terutama konsumen Gen Z.</p> 2025-02-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025 https://jurnal.upb.ac.id/index.php/jumpa_bhakti/article/view/524 Hak Kekayaan Intelektual Dalam Pengembangan Pengobatan Tradisional dan Herbal di Kalimantan Barat 2025-02-26T19:34:44+07:00 PURWANTO PURWANTO purwanto@upb.ac.id WARRIYODI WARRIYODI yodiewarr70@gmail.com FEBRYANITA FEBRYANITA febryanitafebry@gmail.com JACOB ALIUDIN jacs282@gmail.com JUJU JUARIAH ju2knasir@gmail.com <p>Pengetahuan masyarakat adat Kalimantan Barat mengenai pengobatan herbal tradisional memiliki nilai budaya dan ekonomi yang signifikan. Namun, hingga saat ini, perlindungan terhadap pengetahuan tersebut masih belum optimal dalam sistem hukum Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kurangnya dokumentasi, minimnya pemahaman masyarakat terhadap aspek hukum, serta ancaman biopiracy oleh pihak asing menjadi faktor yang menghambat keberlanjutan dan pemanfaatan pengetahuan tradisional ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kerangka hukum yang mengatur perlindungan HKI atas pengobatan tradisional serta mengidentifikasi tantangan dan strategi implementasi kebijakan tersebut di Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif-empiris dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi lapangan, serta studi literatur. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis deskriptif kualitatif dan normatif, dengan menelaah regulasi nasional seperti Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah tersedia landasan hukum, implementasi perlindungan HKI di tingkat lokal masih menghadapi berbagai kendala. Tantangan utama meliputi kurangnya dokumentasi pengetahuan tradisional, terbatasnya pemahaman masyarakat adat terkait aspek hukum, serta lemahnya penerapan mekanisme Akses dan Pembagian Manfaat (ABS). Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa penguatan perlindungan HKI terhadap pengembangan pengobatan tradisional dan herbal meberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat adat melalui skema royalti dan kemitraan dengan sektor industri. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, komunitas adat, akademisi, dan lembaga swadaya masyarakat dalam memperkuat perlindungan pengetahuan tradisional. Beberapa langkah strategis yang direkomendasikan meliputi digitalisasi dan deskriptif kualitatif dan normatif, dengan menelaah regulasi nasional seperti Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun telah tersedia landasan hukum, implementasi perlindungan HKI di tingkat lokal masih menghadapi berbagai kendala. Tantangan utama meliputi kurangnya dokumentasi pengetahuan tradisional, terbatasnya pemahaman masyarakat adat terkait aspek hukum, serta lemahnya penerapan mekanisme Akses dan Pembagian Manfaat (ABS). Selain itu, penelitian ini menemukan bahwa penguatan perlindungan HKI terhadap pengembangan pengobatan tradisional dan herbal meberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat adat melalui skema royalti dan kemitraan dengan sektor industri. Kesimpulan penelitian ini menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, komunitas adat, akademisi, dan lembaga swadaya masyarakat dalam memperkuat perlindungan pengetahuan tradisional. Beberapa langkah strategis yang direkomendasikan meliputi digitalisasi</p> 2025-02-26T00:00:00+07:00 Hak Cipta (c) 2025