SYNERGY BETWEEN STUDENTS AND THE COMMUNITY IN REALIZED EMPOWERMENT OF LOCAL POTENTIAL IN SUNGAI RENGAS VILLAGE

Penulis

  • Willibald Julio Alvares Rapu Dode Fakultas Teknik Universitas Panca Bhakti
  • Sherly Oktarianti Fakultas Pertanian, Sains, dan Teknologi Universitas Panca Bhakti
  • Yesika Aprialia Margareta Siahaan Fakultas Hukum Universitas Panca Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.571

Kata Kunci:

KKN, sinergi mahasiswa-masyarakat, pemberdayaan, potensi lokal, Desa Sungai Rengas

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan langsung di lapangan. Pada tahun 2025, program KKN di Desa Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, dijalankan dengan tema “Sinergi Mahasiswa dan Masyarakat dalam Mewujudkan Pemberdayaan Potensi Lokal.” Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran, keterampilan, dan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa, terutama di bidang pertanian, perikanan, serta pengolahan produk lokal yang memiliki nilai ekonomi. Metode yang digunakan meliputi observasi, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan pelaksanaan program kerja yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, munculnya produk olahan berbasis sumber daya lokal, serta terbentuknya kerja sama yang lebih erat antara mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan ini juga mendorong munculnya kesadaran kolektif untuk menjaga dan mengembangkan potensi lokal sebagai modal pembangunan desa yang berkelanjutan. Dengan demikian, sinergi antara mahasiswa dan masyarakat dalam program KKN tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek berupa peningkatan kapasitas, tetapi juga memberikan kontribusi jangka panjang terhadap kemandirian dan keberdayaan Desa Sungai Rengas.

Referensi

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka; 2002.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; 2021.

Miles MB, Huberman AM, Saldaña J. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. Thousand Oaks: SAGE Publications; 2014.

Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2018.

Soetomo. Pemberdayaan Masyarakat: Mungkinkah Muncul Antitesisnya? Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.

Suharto E. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama; 2014.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Diterbitkan

07-10-2025

Cara Mengutip

Rapu Dode, W. J. A., Oktarianti, S., & Margareta Siahaan, Y. A. (2025). SYNERGY BETWEEN STUDENTS AND THE COMMUNITY IN REALIZED EMPOWERMENT OF LOCAL POTENTIAL IN SUNGAI RENGAS VILLAGE. Dianmas Bhakti: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 86–90. https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.571