SYNERGY BETWEEN STUDENTS AND THE COMMUNITY IN REALIZED EMPOWERMENT OF LOCAL POTENTIAL IN SUNGAI RENGAS VILLAGE
DOI:
https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.571Kata Kunci:
KKN, sinergi mahasiswa-masyarakat, pemberdayaan, potensi lokal, Desa Sungai RengasAbstrak
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan langsung di lapangan. Pada tahun 2025, program KKN di Desa Sungai Rengas, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, dijalankan dengan tema “Sinergi Mahasiswa dan Masyarakat dalam Mewujudkan Pemberdayaan Potensi Lokal.” Tujuan utama dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran, keterampilan, dan partisipasi masyarakat dalam memanfaatkan potensi desa, terutama di bidang pertanian, perikanan, serta pengolahan produk lokal yang memiliki nilai ekonomi. Metode yang digunakan meliputi observasi, sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan pelaksanaan program kerja yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat, munculnya produk olahan berbasis sumber daya lokal, serta terbentuknya kerja sama yang lebih erat antara mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan ini juga mendorong munculnya kesadaran kolektif untuk menjaga dan mengembangkan potensi lokal sebagai modal pembangunan desa yang berkelanjutan. Dengan demikian, sinergi antara mahasiswa dan masyarakat dalam program KKN tidak hanya memberikan manfaat jangka pendek berupa peningkatan kapasitas, tetapi juga memberikan kontribusi jangka panjang terhadap kemandirian dan keberdayaan Desa Sungai Rengas.
Referensi
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka; 2002.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Panduan Kuliah Kerja Nyata Tematik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi; 2021.
Miles MB, Huberman AM, Saldaña J. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. 3rd ed. Thousand Oaks: SAGE Publications; 2014.
Moleong LJ. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya; 2018.
Soetomo. Pemberdayaan Masyarakat: Mungkinkah Muncul Antitesisnya? Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.
Suharto E. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial. Bandung: PT Refika Aditama; 2014.
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dianmas Bhakti: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.