SATU LANGKAH, SATU DESA : TRANSFORMASI MENYELURUH BERBASIS INOVASI LOKAL DI PENITI LUAR
DOI:
https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i1.579Kata Kunci:
pemberdayaan masyarakat, potensi lokal, literasi, lingkungan, pembangunan berkelanjutanAbstrak
Pengabdian kepada masyarakat merupakan pilar fundamental dalam Tridharma Perguruan Tinggi yang menegaskan peran perguruan tinggi sebagai katalisator pembangunan sosial, ekonomi, dan lingkungan. Salah satu implementasinya adalah program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dirancang untuk mendorong pemberdayaan masyarakat berbasis potensi lokal. Desa Peniti Luar, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah, dipilih sebagai locus kegiatan karena memiliki kekayaan sumber daya, terutama pada sektor pertanian padi dan perkebunan kelapa, yang hingga kini belum dimanfaatkan secara optimal. Permasalahan mendasar yang dihadapi masyarakat meliputi rendahnya literasi, keterbatasan kesadaran terhadap isu sosial (seperti bullying dan perlindungan anak), lemahnya pengelolaan lingkungan, serta kebutuhan penguatan ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur. Kegiatan KKN dilaksanakan melalui pendekatan partisipatif yang mengintegrasikan multidimensi program. Bidang pendidikan dan sosial diwujudkan melalui penguatan literasi, edukasi isu sosial, serta pengembangan pojok baca desa. Bidang ekonomi difokuskan pada pemberdayaan kelompok tani dengan pemanfaatan limbah serabut kelapa serta diversifikasi pangan melalui penanaman jagung. Bidang lingkungan diarahkan pada kampanye sadar sampah dan penguatan perilaku hidup bersih, sedangkan bidang pembangunan fisik difokuskan pada pembuatan tugu selamat datang dan penyusunan perencanaan jalan beton sebagai pijakan pembangunan infrastruktur desa. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa KKN tidak hanya meningkatkan kapasitas literasi, kesadaran sosial, dan kepedulian lingkungan masyarakat, tetapi juga memperkuat basis ekonomi lokal melalui pemanfaatan sumber daya desa. Dengan demikian, KKN berperan strategis sebagai sarana transformasi sosial dan akselerator pembangunan desa yang partisipatif, inklusif, dan berkelanjutan.
Referensi
IDRIS, Muhammad. Upaya menanggulangi bullying di kalangan pelajar: Strategi efektif untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan positif. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan, 2024, 4.6.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. "Data Pokok Pendidikan MTs Ar-Raudhatul Islamiyah." Portal Data Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses melalui: https://dapo.kemdikbud.go.id.
Aswat, Hijrawatil, G. Nurmaya, and Andi Lely. "Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Dayabaca Anak di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu 4.1 (2020): 70-78.
LATIFAH, Isanilda Dea. Desain komunikasi visual untuk menunjang kampanye kesadaran buang sampah pada tempatnya dan pemanfaatan sampah. Humaniora, 2011, 2.1: 40-47.
SATU DATA Provinsi Kalimantan Barat. "Profil Desa Peniti Luar Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah."
SAFITRI, Ika, et al. Pemanfaatan Limbah Serabut Kelapa menjadi Karya bernilai Ekonomis di Desa Salosa Bombana. Pabitara: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2022, 1.2: 176-184.
UNS-F. Seni Rupa Dan Desain_Jur. Seni Rupa Murni-C0615010-2020
PRAMADANA, PUTRA. TINJAUAN PELAKSANAAN RIGID BETON. LAPORAN KERJA PRAKTEK TINJAUAN PELAKSANAAN RIGID BETON, 2021.
FIRMANSYAH, Haris; SULISTIAWAN, Hendra; MARISAH, Marisah. Internalisasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Tradisi Robo-robo di Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2021, 7.1: 9-16.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dianmas Bhakti: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.