PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI DAN EDUKASI HOLISTIK: LITERASI KEUANGAN, PEDULI LINGKUNGAN DAN MARAKNYA BULLYING DI DESA JUNGKAT

Penulis

  • Shandra Andina Rahsia Universitas Panca Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.589

Kata Kunci:

KKN, pemberdayaan masyarakat, literasi keuangan, edukasi lingkungan, anti-bullying

Abstrak

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat Desa Jungkat, Kecamatan Jongkat, Kabupaten Mempawah melalui pendekatan edukasi holistik yang mencakup literasi keuangan, kepedulian lingkungan, dan pencegahan bullying. Kegiatan dilaksanakan selama satu bulan dengan metode partisipatif melalui sosialisasi, penyuluhan, diskusi, serta praktik langsung. Program literasi keuangan difokuskan pada pengelolaan keuangan rumah tangga dan usaha kecil, edukasi lingkungan menekankan pada pemilahan sampah serta penghijauan, sedangkan sosialisasi anti-bullying ditujukan kepada anak-anak dan remaja untuk membangun lingkungan sosial yang sehat. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat dalam pengelolaan keuangan sederhana, bertambahnya kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan, serta meningkatnya sikap peduli generasi muda terhadap isu bullying. Kegiatan KKN ini tidak hanya memberikan dampak edukatif jangka pendek, tetapi juga mendorong terbentuknya perilaku positif berkelanjutan guna mendukung pembangunan masyarakat Desa Jungkat yang mandiri, berdaya, dan harmonis.

Referensi

A. M. Adiandari, et al., “How Do Family Financial Socialization and Financial Literacy Dimensions Shape the Financial Well-Being of Indonesian Millennials? A Serial Mediation Analysis,” Journal of Family and Economic Issues, vol. 46, no. 2, 2025.

F. Amir, A. S. Miru, and E. Sabara, “Urban Household Behavior in Indonesia: Drivers of Zero Waste Participation,” arXiv preprint arXiv:2505.17864, May 2025.

S. E. Nugroho and N. Azizah, “The Devastating Psychological Impact on Elementary School Students of Bullying in Indonesia,” Academia Open, vol. 9, no. 2, Dec. 2024.

Sukidin and E. Giyantoro, “Bullying in Banyuwangi’s Schools: A Social Studies-Based Comparison between Urban and Suburban Educational Settings,” Indonesian Journal of Contemporary Multidisciplinary Research, vol. 3, no. 5, 2023.

B. A. H. Zahran, R. R. Cahyadi, and T. S. Nugraha, “Household Waste Control Index towards Sustainable Waste Management: A Study in Bekasi City, Indonesia,” Sustainability, vol. 14, no. 21, Art. no. 14403, Nov. 2022.

T. Rejekiningsih and M. Taher, “Analysis of Students’ Legal Awareness for Bullying Prevention in Surakarta Schools,” Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, vol. 22, no. 1, pp. 145–156, 2025

Diterbitkan

07-10-2025

Cara Mengutip

Rahsia, S. A. (2025). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI SOSIALISASI DAN EDUKASI HOLISTIK: LITERASI KEUANGAN, PEDULI LINGKUNGAN DAN MARAKNYA BULLYING DI DESA JUNGKAT. Dianmas Bhakti: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 51–59. https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.589