Penguatan Personal Branding untuk Pengembangan Karir Manajemen

Penulis

  • Cesy Iola Kariza Universitas Panca Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.591

Kata Kunci:

pesonal branding, digitalisasi, karir, mahasiswa, pengabdian kepada masyarakat

Abstrak

Digitalisasi telah mengubah cara membangun identitas professional, dimana personal branding menjadi faktor penting dalam menunjang daya saing berkarir. Namun, mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Panca Bhakti masih belum menunjukkan pemahaman yang komprehensif terhadap konsep ini sehingga berpotensi menghadapi kesulitan dalam memasuki dunia kerja. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang relevan dengan kebutuhan karir manajemen. Metode yang digunakan adalah persiapan materi, koorinasi dengan mitra, serta pelaksanaan seminar interaktif yang dipadukan dengan sesi refleksi diri. Membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang konsep dasar personal branding, stategi membangunya di era digital, serta praktik refleksi yang membantu mereka menemukan nilai dan kompetensi unik merupakan solusi yang ditawarkan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya personal branding, partisipasi aktif dalam diskusi, serta kesadaran baru untuk menampilkan citra diri yang autentik dan konsisten. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil menjebatani teori dan praktik, sekaligus memberikan rekomendasi bagi mahasiwa dan institusi untuk terus mengembangkan program lanjutan dalam penguatan personal branding.

Diterbitkan

07-10-2025

Cara Mengutip

Kariza, C. I. (2025). Penguatan Personal Branding untuk Pengembangan Karir Manajemen. Dianmas Bhakti: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 79–85. https://doi.org/10.54035/dianmas.v2i2.591