ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BENGKAYANG

Isi Artikel Utama

Naiyun Untung Utama
Pance Doby

Abstrak

Penelitian ini yang menjadi fokus utama yaitu menitikberatkan pembahasan mengenai bagaimana persepsi/tanggapan pemustaka terhadap pelayanan yang diberikan perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkayang.


 


Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, dengan populasi yaitu anggota perpustakaan dan sampel yang dijadikan responden yaitu sebanyak 89 orang. Metode Pengumpulan Data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner, Alat Uji menggunakan Uji validitas dan reliabilitas, Mean. Teknik Analysis Pengukuran  variabel  menggunakan  skala likert  sesuai  dengan  kuesioner  yang disebarkan.


 


Berdasarkan hasil analisis harapan dan penilaian kineija Masyarakat yang diperoleh pada tabel diatas untuk setiap dimensi diperoleh angka angka rata-rata keseluruhan sebesar 0,82(Q) < 1, yang artinya secara keseluruhan kualitas pelayanan yang diterapkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkayang bisa  disimpulkan  masih  belum  baik  dalam  penilaian  masyarakat Pemustaka. Sehingga perlu perbaikan dan peningkatan kineqa agar diperoleh hasil yang lebih optimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Untung Utama , N. ., & Doby, P. . (2021). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN BENGKAYANG . Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 7(1), 61–70. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/128
Bagian
Articles