ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA SEPEDA MOTOR SCOOPY DI PONTIANAK

Isi Artikel Utama

Nanda Diaz Arizona
Yulia
Alexis Laurentina

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bauran pemasaran yang diterapkan pada sepeda motor Scoopy di Pontianak. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, kuesioner, studi literatur, dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah teknik sampling insidental dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden.Dari hasil pengolahan data empat variabel bauran pemasaran yaitu Product, Price, Promotion, dan Place. variabel product mendapatkan hasil responden yang paling positif. Penulis merekomendasikan bahwa iklan yang diterapkan pada sepeda motor Scoopy lebih diperhatikan lagi, iklannya dibuat lebih menarik agar dapat menarik perhatian orang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pajak daerah dan retribusi daerah terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal. Sampel adalah laporan realisasi BAPPEDA di wilayah Sintang pada tahun 2010-2017. Penelitian ini menggunakan alat uji statistik 20.0. Teknik analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji F dan uji T, koefisien determinasi untuk uji variabel independen terhadap variabel dependen. Level signifikan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 0,05. Dari penelitian ini, koefisien determinasi R2 adalah 80,2%. Variabel pendapatan yang dihasilkan secara lokal dapat dijelaskan oleh pajak lokal (X1) dan retribusi lokal (X2). Nilai F hitung (15,165)> F tabel (5,79) Jadi Ha dapat diterima. Secara parsial, tidak ada pengaruh antara pajak daerah terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal. Uji hipotesis menunjukkan bahwa pajak daerah memberikan pengaruh positif dan tidak ada yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian ini, uji hipotesis menunjukkan bahwa retribusi daerah memiliki pengaruh negatif dan tidak ada signifikan terhadap pendapatan yang dihasilkan secara lokal.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Diaz Arizona, N., Yulia, & Laurentina, A. . (2021). ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA SEPEDA MOTOR SCOOPY DI PONTIANAK. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 6(1), 13–22. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/14
Bagian
Articles