ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DANA DAN JASA BANK PADA BANK KALBAR KANTOR CABANG UTAMA PONTIANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Setiap perusahaan yang dibangun memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, dengan demikian semua fungsi dan kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan harus senantiasa dikelola dan diarahkan dengan menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia secara optimal demi terciptanya tujuan dan sasaran tersebut.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk dana dan jasa bank pada Bank Kalbar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tanggapan responden mengenai strategi pemasaran terutama strategi pemasaran 7P nya yaitu Place, Price, Promotion, Product, People, Process, Physical Evidence.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan objek penelitian masyarakat yang menjadi nasabah dan target dari Bank Kalbar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa obesrvasi, wawancara dan kuisioner yang disebarkan terhadap seluruh nasabah Bank kalbar sebanyak 30 orang responden yang kemudian data dikelompokkan menurut kriteria yang ada dan hasil masing-masing jawaban pertanyaan dijumlahkan, dari hasil penjumlahan tersebut ditentukan persentasenya dan diambil suatu kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Bank Kalbar terhadap pemasaran produk dana dan jasa bank seperti place, price, promotion, product, people, process, physical evidence dilihat dari secara keseluruhan baik. Berdasarkan proses perhitungan diperoleh total rata-rata skor sebesar 26,06 dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 3,72. Jadi berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan bahwa strategi pemasaran yakni place, price, promotion, product, people, process, physical evidence yang dilakukan oleh Bank Kalbar dalam kategori baik, sebesar 3,72 berada pada rentang 3,40 – 4,19.
Kata Kunci : Kebijakan Pemasaran; Ekstrinsik (place, price, promotion, product, people, process, physical evidence)
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
A.Yoeti, Oka, Drs.,MBA, 2000, Customer Service – Cara Efektif Memuaskan Pelanggan, Cetakan Kedua, Penerbit PT.Pradnya Paramita, Jakarta
Cronin, J. Joseph dan Taylor, Steven, 1992, Measuring Service Quality: A reexamination and Extension, Journal of Marketing, Vol.58, Juli, hal 55-68
Gasperz, Vincent, 1997, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama.
Husein,Umar,SE.,MM.,MBA, 2000,
Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran , Cetakan kedua, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Kotler, Phillip 2001, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Hendro Teguh, Edisi 9, Jakarta, CV Intermedia.