ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DANA DAN JASA BANK PADA BANK KALBAR KANTOR CABANG UTAMA PONTIANAK

Isi Artikel Utama

maulana Filani Rizal
Naiyun Untung Utama
Angga Hendarsa

Abstrak

Setiap perusahaan yang dibangun memiliki tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, dengan demikian semua fungsi dan kegiatan yang dijalankan oleh perusahaan harus senantiasa dikelola dan diarahkan dengan menggunakan seluruh sumber daya yang tersedia secara optimal demi terciptanya tujuan dan sasaran tersebut.


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk dana dan jasa bank pada Bank Kalbar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar tanggapan responden mengenai strategi pemasaran terutama strategi pemasaran 7P nya yaitu Place, Price, Promotion, Product, People, Process, Physical Evidence.


Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan objek penelitian masyarakat yang menjadi nasabah dan target dari Bank Kalbar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa obesrvasi, wawancara dan kuisioner yang disebarkan terhadap seluruh nasabah Bank kalbar  sebanyak 30 orang responden yang kemudian data dikelompokkan menurut kriteria yang ada dan hasil masing-masing jawaban pertanyaan dijumlahkan, dari hasil penjumlahan tersebut ditentukan persentasenya dan diambil suatu kesimpulan.


               Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Bank Kalbar terhadap pemasaran produk dana dan jasa bank seperti place, price, promotion, product, people, process, physical evidence dilihat dari secara keseluruhan baik. Berdasarkan proses perhitungan diperoleh total  rata-rata skor sebesar 26,06 dengan nilai rata-rata secara keseluruhan 3,72. Jadi berdasarkan perhitungan tersebut dapat dikatakan  bahwa strategi pemasaran yakni place, price, promotion, product, people, process, physical evidence yang dilakukan oleh Bank Kalbar dalam kategori baik, sebesar 3,72 berada pada rentang  3,40 – 4,19.


 


Kata Kunci : Kebijakan Pemasaran; Ekstrinsik (place, price, promotion, product, people, process, physical evidence)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Filani Rizal, maulana, Untung Utama, N. . ., & Hendarsa , A. . (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK DANA DAN JASA BANK PADA BANK KALBAR KANTOR CABANG UTAMA PONTIANAK. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 7(2), 113–120. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/154
Bagian
Articles

Referensi

A.Yoeti, Oka, Drs.,MBA, 2000, Customer Service – Cara Efektif Memuaskan Pelanggan, Cetakan Kedua, Penerbit PT.Pradnya Paramita, Jakarta

Cronin, J. Joseph dan Taylor, Steven, 1992, Measuring Service Quality: A reexamination and Extension, Journal of Marketing, Vol.58, Juli, hal 55-68

Gasperz, Vincent, 1997, Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama.

Husein,Umar,SE.,MM.,MBA, 2000,

Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran , Cetakan kedua, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Kotler, Phillip 2001, Manajemen Pemasaran, alih bahasa Hendro Teguh, Edisi 9, Jakarta, CV Intermedia.