Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Bagian Administrasi Akademik & Kemahasiswaan (Baak) Di Universitas Panca Bhakti Pontianak Provinsi Kalimantan Barat
Isi Artikel Utama
Abstrak
Skripsi ini berjudul “Analisis Kualitas Jasa Pelayanan Bagian Administrasi akademik & Kemahasiswaan (BAAK) di Universitas Panca Bhakti Pontianak Provinsi Kalimantan Barat”. Upaya institusi perguruan tinggi adalah memfasilitasi masyarakat untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi melalui pelayanan terpadu yang didalamnya terdapat dimensi kualitas pelayanan berupa, reliability, tangibles, responsiveness, assurance, serta emphaty.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas Panca Bhakti di empat fakultas sebanyak 80 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Dari penelitian yang telah dilakukan pada Universitas Panca Bhakti, hasil analisis penilaian kinerja dan penilaian harapan dari dimensi kualitas pelayanan berupa, reliability, tangibles, responsiveness, assurance, serta emphaty diperoleh untuk setiap dimensi angka 0,99 (Q) ≤ 1 yang artinya secara keseluruhan kualitas pelayanan bisa di simpulkan mendekati “baik”.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Gitosudarmo, Indriyo. 2005 Manajemen Pemasaran, Edisi Pertama, Cetakan Keenam. BPFE- Yogyakarta,2005
Jasfar, Farida. 2005. Manajemen Jasa : pendekatan terpadu, Ghalia Indonesia. Jakarta.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran : Analisis Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, Jilid I dan II Edisi Milinium II Prenhanlindo. Jakarta.
Kotler & Armstrong. 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. edisi kedua belas, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip dan A. B. Susanto. 2005 Pemasaran di Indonesia: Analisis, Manajemen Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian, buku dua. Jakarta: Salemba empat.
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Philip. 2005. Marketing Insight from A-Z: 80 Konsep yang Harus dipahami Setiap Manajer, Terjemahan Anies Lastiati. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P dan Gary Armstrong. 2008. Dasar-dasar Pemasaran, jilid 1 dan 2. Jakarta PT. Prenhallindo.
Kotler, P dan Kevin Lane Keller . 2009. Manajemen Pemasaran, jilid 1. Jakarta PT. Erlangga.
Kristianto, Lilik P . 2011. Psikologi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS
Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa,salemba empat, Jakarta.
Rangkuti, Freddy. Riset Pemasaran, PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta,2013.
Sanusi, Anwar. Metodologi Penelitian Bisnis, salemba empat, Jakarta. 2011. Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta. Bandung, 2010.
Suharno, dan Yudi Sutarso. Marketing in Practice, Penerbitan Fakultas Ekonomi, 2009. Sumarwan, Ujang, Riset Pemasaran dan Konsumen, seri dua, IPB press,Bogor,2012.
Sunyoto, D.2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Refika Aditama.Bandung.
Tjiptono, Fandy, Gregorius Chandra,Dadi Adrian. Pemasaran Strategik : mengupas topic utama pemasaran strategic,branding strategy, customer satisfaction, strategi kompetitif, hingga e-marketing. C.V ANDI OFFSET,Yogyakarta, 2008.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi Kedua, Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Parasuraman, A. 2001. The Behaviorial Consequenses of Service Quality, Jurnal of Marketing. Vol 60.