PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA DI CU MURA KOPA BALAI KARANGAN PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA DI CU MURA KOPA BALAI KARANGAN

Isi Artikel Utama

Dina Octaviani
Margareta Mery

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap minat menabung anggota di CU Mura Kopa Balai Karanagn. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner yang disebarkan secara online. Sampel yang dipilih sebanyak 94 responden berdasarkan rumus slovin.


Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh melalui uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Bukti Fisik (Tangibles), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), dan Empati (Emphaty) berpengaruh signifikan terhadap minat menabung anggota Credit Union Mura Kopa Balai Karangan.


Tanggapan anggota terhadap kualitas pelayanan CU Mura Kopa yang diberikan oleh CU Mura Kopa Balai Karangan, berdasarkan hasil keseluruhan dari pertanyaan yang dijawab oleh responden dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan sangat setuju melalui skor rata-rata jawaban responden.


Adapun uji regresi linier sederhana kualitas pelayanan yang terdiri dari assurance, reliability, tangible, emphaty dan responsiveness secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap minat menabung  anggota Credit Union Mura Kopa Balai Karangan sebesar 55,5%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Octaviani, D. ., & Mery, M. . (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA DI CU MURA KOPA BALAI KARANGAN: PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT MENABUNG ANGGOTA DI CU MURA KOPA BALAI KARANGAN. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 7(2), 50–64. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/174
Bagian
Articles

Referensi

Aromasari,T. 1991. Hubungan Antara Sikap terhadap Tabungan Berhadiah dengan Minat Menabung Mahasiswa pada Bank di Beberapa Universitas di Yogyakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada.

Badudu JS dan Zain, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Pustaka Sianar Harapan, hlm. 139

Christoper H Lovelock dan Lauren K Wright, Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta, Indeks, 2005, hlm. 133.

Daryanto, & Setyobudi, I. (2014). Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta:

Gava Media

Husein Umar: 2009, “Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis”, Rajawali Persada, Jakarta.

Husein Umar, (1996). Metode Penelitian untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta:Rajagrafindo Persada.

Kotler ,Philip & Kevin Lane Keller.2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

M. Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Prenada Kencana Group, 2005, hlm 122..

Muhaimin, Korelasi Minat Belajar Pendidikan Jasmani terhadap hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Semarang: IKIP, 1994,hlm.4.

Muhammad, Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008, hlm.181.

Ridwan, Kualitas Pelayanan Dalam Islam, [Online], http://ridwan202.wordpress.com/2013/02/11/kualitas-pelayanan-dalam-islam. (11 Februari 2013).

Siswanto, Pengantar Manajemen, (Jakarta : PT Bumi Aksara, 2005) hlm.171-172.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2008, hlm. 17

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan R &D, Bandung: Alfabeta, 2008, hlm.80. 3 Ibid, hlm.81 Sugiyono, 2013 Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.