ANALISIS MUTU PELAYANAN PEMBUATAN SURAT CATATAN KETERANGAN KEPOLISIAN (SKCK) BERDASARKAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT PADA DIREKTORAT INTELIJEN KEAMANAN (DITINTELKAM) POLDA KALIMANTAN BARAT

Isi Artikel Utama

Zulfahmi Zulfahmi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat pada pelayanan pembuatan Surat Catatan Keterangan Kepolisian (SKCK) di direktorat intelijen keamanan (ditintelkam) polda kalimantan barat. Berdasarkan fokus penelitian yang akan diajukan serta melihat tujuan dan manfaat penelitian untuk memperoleh gambaran penomena atau data secara utuh maka perlu pendekatan kualitatif. Cara kerja penelitian ini menitikberatkan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil suatu penelitian. Pendekatan kualitatif (qualitative approach) adalah suatu mekanisme kerja penelitian yang memfokuskan uraian dengan mendekripsikan kata, atau kalimat, yang disusun secara cermat dan sistematis mulai dari menghimpun data hingga menganalisis atau menafsirkan data dan melaporkan hasil penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengurus SKCK pada Dit Intelkam Polda Kalbar sebesar 4004 orang. Sampel dilakukan secara random sampling dikarenakan sampel yang melebihi 100 orang dan untuk mendapatkan jumlah sampel yang dapat menggambarkan populasi, maka dalam penentuan sampel penelitian digunakan rumus slovin adalah sebanyak 97 responden. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh Nilai IKM (nilai rata-rata perunsur pelayanan dikalikan dengan 0,11)  = 2,92 sehingga nilai IKM setelah dikonversi,  Nilai indeks x  Nilai dasar (25) = 2,92 x 25 = 73,03 3. Jadi Kinerja unit pelayanan pembuat Surat Catatan Keterangan Kepolisian  (SKCK) pada Ditintelkam Polda Kalbar berdasarkan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dapat dinilai = BAIK (B))

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Zulfahmi, Z. (2021). ANALISIS MUTU PELAYANAN PEMBUATAN SURAT CATATAN KETERANGAN KEPOLISIAN (SKCK) BERDASARKAN SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT PADA DIREKTORAT INTELIJEN KEAMANAN (DITINTELKAM) POLDA KALIMANTAN BARAT. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 5(1). Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/24
Bagian
Articles