Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Desa Kersik Belantian Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini berjudul “Analisis Kualitas Pelayana Publik Pada Kantor Desa Kersik Belantian Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak. Oleh sebab itu, dalam memberikan layanan hendaknya berpedoman pada: kepuasan total masyarakat, menjadikan kualitas sebagai tujuan utarna dalam layanan, membangun kualitas dalam sebuah proses, menerapkan filosofi kepuasan masyarakat adalah tujuan pelayanan kami, berbicara berdasarkan fakta, dan menjalin kemitraan baik internal maupun eksternal.
Keluhan dari masyarakat di dalam melakukan administrasi surat menyurat berbagai kepentingan belum memenuhi keinginan dan harapan terhadap kebutuhan masyarakat sebagai masyarakat Keluhan ini tidak lepas dari semakin meningkatnya kesadaran masyarakat yang menuntut adanya perbaikan layanan yang diberikan oleh kantor desa.
Berdasarkan pada halaman 43 diketahui titik tertinggi dan titik terendah 1,00 – 1,79 1,80 – 2,59 2,60 – 3,39 3,40 – 4,19 4,20 – 5,00. Dan pada Tabel 4.30
diatas ditemukan titik terendah pada angka 4,04 dan titik tertinggi 3,36 sehingga dapat diketahui bahwa setelah semua rata rata skor jawaban responden dijumlahkan mendapat rata rata skor sebesar 21,10 dan kemudian jumlah rata rata skor tersebut kita bagi dengan jumlah 5 indikator kompetensi maka diperoleh rata rata sebesar 4,22 dan masuk dalam kategori Sangat Baik.
Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan Pada Kantor Desa Kersik Belantian masuk dalam kategori Sangat Baik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Fandy Tjiptono. 1996. Manajemen Jasa. Andi Offset, Yogyakarta
Fandy Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta
Fandi Tjiptono.1998. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta
Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa, Penerbit Andi Yogyakarta.
Fandy Tjiptono. 2006. Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang.
Husein,Umar,SE.,MM.,MBA. 2000. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran,Cetakan kedua, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta
Holmunt. 1996.Pasar global dalam Perspektif Kepuasan Pelanggan, Usahawan No6 Tahun XXVI, Juni
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran, Analisa perencanaan, Implementasi dan control, Edisi Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2, Jakarta, Prehalindo, alih bahasa oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan Ronny A. Rusli, S.E.
Kotler; Philip. 2003. ”Manajemen Pemasaran”, Jilid I dan II, Edisi Kesebelas, Jakarta
Kotler, Philip. 2005. Manajamen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks
Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi, Erlangga, Jakarta
Kotler, Phillip. 1997a. Manajemen Pemasaran, alih bahasa Hendro Teguh, Edisi 9, Jakarta, CV Intermedia.
______Dan Armstrong. 1994b. Manajemen Pemasaran, alih bahasa Wilhelmus W Bakowatun, Jilid 1 Jakarta, CV Intermedia.
______.1997c. Dasar-Dasar Pemasaran, alih bahasa Alexander Sindoro, Jilid 2, Jakarta, Prenhallindo.
Lovelock, Cristopher. 1998. Managing Service : Marketing, Operations and Human Resources, London, Prentice Hall Inc.
Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Nasution, M,N,M,Sc, 2001, “ Manajemen Mutu Terpadu”, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta