ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DEBITUR DALAM MENGAJUKAN PINJAMAN PADA CU STELLA MARIS DI PONTIANAK

Isi Artikel Utama

Naiyun Untung Utama

Abstrak

Koperasi di Indonesia adalah gerakan ekonomi rakyat yang demokratis dan berwatak sosial dimana orang-orang yang lemah ekonominya  bekerja sama untuk memperbaiki nasibnya, juga merupakan usaha yang bergerak di bidang ekonomi. Artinya, selain bersifat serta bertindak sebagai sebuah perkumpulan biasa, koperasi juga menyelenggarakan kegiatan-kegiatan ekonom yang tidak boleh mengabaikan hukum-hukum ekonomi yang rasional. Anggota koperasi bekerjasama menyelenggarakan produksi, pembelian, penjualan, simpan pinjam atau kredit, pembelian jasa dan sebagainya.  Adapun jenis-jenis koperasi yang ada dan berkembang dewasa ini adalah : koperasi simpan pinjam, koperasi kredit , koperasi produksi , koperasi konsumsi, koperasi serbaguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dipertimbangkan debitur dalam  mengajukan pinjaman pada CU Stella Maris di Pontianak . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif.


            Variabel dalam penelitian ini adalah lokasi, tingkat suku bunga, jaminan, dan pelayanan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah debitur yang meminjam pada CU stella maris di pontianak dengan jumlah responden sebanyak 30 orang responden. Penentuan sampel menggunakan nonprobability sampling,yaitu dengan cara purposive sampling,artinya penentuan sampel berdasarkan tujuan dan pertimbangan tertentu. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan observasi. Analisis data menggunakan analisis Uji Cochran Q Test. Hasil penelitian Berdasarkan hasil uji Cochran Q-Test yang dilakukan sebanyak 1 kali pengujian, dapat disimpulkan bahwa seluruh responden sepakat memilih atribut lokasi, tingkat bunga, jaminan dan pelayanan sebagai atribut yang menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam mengajukan pinjaman pada CU Stella Maris di Pontianak. Hal ini dibuktikan dengan pengujian menggunakan Cochran Qtest, dimana didalam pengajuan didapatkan hasil Qhitung (6,30) < Qtabel (7,81). Sesuai dengan hasil perhitungan tersebut dan Hipotesis yang telah dikemukakan sebelumnya, maka keempat atribut diatas dianggap sah sebagai atribut yang menjadi bahan pertimbangan debitur dalam mengajukan pinjaman pada CU Stella Maris di Pontianak. 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Untung Utama, N. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN DEBITUR DALAM MENGAJUKAN PINJAMAN PADA CU STELLA MARIS DI PONTIANAK. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 8(1). Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/272
Bagian
Articles

Referensi

Boyd, Haper w . Orvile c. Wallker, dan jean –Claude Larreche. Manajamen Pemasaran Suatu Pendekatan Strategi dengan Oriental Global. Penerjemahan Sumiharti . Jarkarta : Erlangga,2000.

Dharmmesta, Basu Swasha, dan Ibnu Sukotjo Wahyu. Pengantar bisnis Modern. Yogyakarta: Liberty, 1999.

Handoko, T . Hani dan Sukanto Reksohadiprodjo. Organsasi perusahaan (teori Struktur ,dan perilaku ). Yogyakarta: BPFE,2000.

Hendrojogi, koperasi ,Azas-Azas Teori dan Praktek. Jarkarta : PT Rajagrafindo,2002.

Kotler, Philip, Manajemen pemasaran. Analisis perencanaan, Implenmentasi dan kontrol. Jilid 1 dan 2 Jakarta : Prenhalindo, 1997.

Manullang. M. pengantar Ekonomi perusahaan. Yogyakarta : Liberty, 2004.

Petrus, A. Ngo. Mengapa Harus Credit Union, edisi pertama. Samarinda; Akima 2003.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi, Metode penelitian survei, edisi kedua, Jarkarta: pustaka LPES, 1996.

Simamora, Bilson, Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum, 2003.

Stanton, William J. Prinsif Pemasaran, edisi kesembilan. Jakarta: Erangga, 1996.

Suprapto. J . Metode Riset Aplikasinya dalam pemasaran, edisi keenam. Jakarta: FE-UI, 1997.

Suyanto, Thomas, Dasar- dasar perbangkan Indonesia, Jakarta: PT Rajagrafindo, 1997.

Tjiptono, Fandy, Manajemen Jasa. Edisi kedua . Yogyakarta: Andi, 2000.

Winardi. Marketing dan perilaku konsumen. Bandung: Mandar Maju, 1996.