PENGGUNAAN MODEL GRAVITAS HUFF UNTUK MENGESTIMASI NIAT BERKUNJUNG KE PUSAT PERBELANJAAN

Isi Artikel Utama

Angga Siregar
Dina Octaviani

Abstrak

Model Gravitas Huff dikenal dengan fungsinya sebagai penentu lokasi yang mengandalkan
daya tarik lokasi yang dihasilkan dari perbandingan antara atribut lokasi tersebut dengan hambatan
yang harus dilalui untuk mencapai lokasi tersebut. Daya tarik lokasi dinilai dari atribut-atribut yang
dimiliki lokasi tersebut, sedangkan hambatan yang harus dilalui adalah jarak tempuh dan waktu
tempuh yang dikorbankan oleh seseorang untuk mencapai lokasi tertentu. Penelitian ini
menggunakan Model Gravitas Huff untuk mengestimasi niat berkunjung ke pusat perbelanjaan
dengan menggunakan dua jenis data pada aspek daya tarik dan hambatan. Selanjutnya hasil
penelitian dianalisis dengan menggunakan prinsip chi square untuk melihat hasil pengaruh data
daya tarik terhadap niat berkunjung dan hasil pengaruh hambatan terhadap niat berkunjung.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putra Pratama Siregar, A. ., & Octaviani, D. (2022). PENGGUNAAN MODEL GRAVITAS HUFF UNTUK MENGESTIMASI NIAT BERKUNJUNG KE PUSAT PERBELANJAAN. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 8(2), 1–9. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/311
Bagian
Articles

Referensi

Anselmsson, J. (2016). Effects of shopping centre re-investments and improvements on sales and

visit growth. Journal of Retailing and Consumer Services, 32, 139-150.

Blumberg, B., Cooper, D., & Schindler, P. (2014). EBOOK: Business Research Methods.

McGraw Hill.

Huff. D. L., & Black, W. C. (1997). The Huff model in retrospect. Applied Geographic studies,

(2), 83-93.

Huff, D. L. (1964). Defining and estimating a trading area. Journal of marketing, 28(3), 34-38.

Leslie, J., Macia, M. G., Luli, S., Worrell, J. C., Reilly, W. J., Paish, H. L & Oakley, F. (2020).cRel orchestrates energy-dependent epithelial and macrophage reprogramming in fibrosis.

Nature metabolism, 2(11), 1350-1367.

Lilien, G. L., Kotler, P., & Moorthy, K. S. (1992). Marketing models prentice-hall. Englewood

Cliffs, NJ.

Mutya Paramita Pratita. (2019). “Pengunaan Model Gravitas Huff Untuk Mengestimasi Daya

Tarik, Niat, dan Frekuensi Berkunjung Ke Pusat Pembelanjaan” dalam Tesis. 23, 1-96.

Reilly, W. J. (1931). The Law of Retail Gravitation. New York: Wilihm J. Reilly Co.

Shafiee & Es-Haghi. (2017). Mall image, shopping well-being and mall loyalty.

Singh & Prashar. (2013). Factor defining shopping experience: an analytical study of Dubai.

Konishi, H., & Sandfort, M. T. (2003). Anchor stores. Journal of Urban Economics, 53(3), 413-

Biswas, A., Pullig, C., Yagci, M. I., & Dean, D. H. (2002). Consumer evaluation of low price

guarantees: the moderating role of reference price and store image. Journal of Consumer

Psychology, 12(2), 107-118.

Chebat, J. C., Sirgy, M. J., & Grzeskowiak, S. (2010). How can shopping mall management best

capture mall image?. Journal of business Research, 63(7), 735-740.

Kushwaha, T., Ubeja, S., & Chatterjee, A. S. (2017). Factors influencing selection of shopping

malls: an exploratory study of consumer perception. Vision, 21(3), 274-283.

Jacobsen, J. P., & Kooreman, P. (2005). Timing constraints and the allocation of time: The effects

of changing shopping hours regulations in The Netherlands. European Economic Review,

(1), 9-27.

Wu, C. S., Wu, K. Y., Lo, Y. R., Huang, Y. W., Tsai, Y. T., Li, Y., & Tsai, H. J. (2018).

Psychotropic use and risk of stroke among patients with bipolar disorders: 10-year

nationwide population based study. Journal of Affective Disorders, 226, 77-84.

Mild, A., & Reutterer, T. (2003). An improved collaborative filtering approach for predicting

cross-category purchases based on binary market basket data. Journal of Retailing and

consumer Services, 10(3), 123-133.

Larsen, V., Shelton, R., & Wright, N. D. (2015). Shopping center attitudes: an empirical test of

predictive attributes. Academy of Marketing Studies Journal, 19(2), 93.

Baker, J., Parasuraman, A., Grewal, D., & Voss, G. B. (2002). The influence of multiple store

environment cues on perceived merchandise value and patronage intentions. Journal of

marketing, 66(2), 120-141.

Mehrabian, A., & Russell, J. A. (1974). An approach to environmental psychology. the MIT

Press