PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LAPTOP ACER ASPIRE (Studi kasus di Kota Pontianak)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Kualitas Produk,
Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Laptop Acer Aspire di Kota
Pontianak. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat
di Kota Pontianak yang menggunakan laptop Acer Aspire. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah acidental sampling, untuk menentukan jumlah sampel dihitung menggunakan
rumus lemeshow diperoleh 100 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah, observasi dan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda
dan peneliti menggunakan IBM SPSS 25 untuk mengolah data yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk, harga dan citra merek secara simultan
berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop acer aspire di Kota Pontianak. Variabel kualitas
produk, harga, dan citra merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian laptop
acer aspire di Kota Pontianak. Nilai koefisien determinasi (r
2 Square) = 0,712 , maka artinya
variabel kualitas produk (X1), harga (X2), dan citra merek mempengaruhi variabel keputusan
konsumen membeli laptop acer aspire di Kota Pontianak sebesar 71,2% sisanya sebesar 28,8%
dipengaruhi oleh variabel lain.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Ahmad Nazzarudin (2019) Keputusan Harga dan Promosi Terhadap Pembelian Laptop
Alma (2007). Dasar-dasar Citra Merek , Assauri 2008, Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis.
Apriyani, Y. 2013. Pengaruh Brand Image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap
Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut di Kota Padang. Jurnal Manajemen, 2(1),
pp: 1-10.
Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan
pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal Manajemen Dan
Keuangan, 6(1), 660-669.
Dharma, N. P. S. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2015)
Dharmadi 2013.153). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Dan Kualitas Produk
Terhadap Keputusan Membeli Produk Apple (Doctoral dissertation, Udayana
University).
Dwifegita, (2019:68). Uji Multikonearitas.
Ghozali. 2014. Aplikasi analisis multivariate dengan program spss.badan penerbit
undip,semarang
Ghozali. 2018:105) Uji Heterokedastisitas
Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian
Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis
Dan IPTEK, 10(2)
Indrianto dan Supomo (2013: 166), Teknik Analisis Data dan Uji Hipotesis
Kotler, P., & Amstrong, G. (2002). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, Kotler
Pengetian Kualitas Produk
.
Kotler dan Keller (2007), Kotler dan Amstrong (2008),Kotler (2009), Kotler (2010),
Keputusan Pembelian dan Kualitas Produk
Kotler dan Amstrong (2012) Kualitas Produk, Kotler dan Amstrong (2013 : 6). Pengertian
Pemasaran, Kotler dan Keller (2016;224) Teori Citra Merek
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2010). Principles of Marketing. 13th Edition. Jakarta :
Prenice Hall, Kertajaya (2007) Pengertian Citra Merek
Noor (2011) Metodologi Penelitian
Risky Desty Wulandari (2018) Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian,
Noor 2011:38) Desain Penelitian
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitaif, kualitatif dan r&d bandung: Alfabeta
Sugiyono, (20110 : 80) Data Sekunder
Sugiyono, (2018 : 456) Data Primer Penelitian
Sugiono. (2015). Metode penelitian & pengembangan research and development.Bandung :
CV.Alfabeta.
Sheren G Tulangow (2019), Pengaruh Keputusan Pembelian
Sugiyono (2018:124), Sampel Penelitian Sugiyono (2018:456) Data Primer Peneltian
Suri Amilia (2017) Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Tjiptono 2008 Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian
Tjiptono dan Chandra (2008) Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Tangka, G. C., & Dotulong, L. O. (2022). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap minat beli
dan keputusan pembelian sepatu merek vantela (ventela shoes) studi pada mahasiswa
jurusan manajemen fakultas ekonomi unsrat angakatan 2018. Jurnal EMBA:
Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 383-392.
Tjiptono, F (2011). Manajemen dan strategi merek. Yogyakarta: Andi.www.topbranawar.com (diakses 1 november 2016)
Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk
terhadap keputusan pembelian pada produk kosmetik. Jurnal Riset Manajemen Dan
Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11-18