PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA, (STUDI KASUS PADA DEALER MOTOR HONDA PT. TUNAS DWIPA MATRA MELAWI)

Isi Artikel Utama

Ery Niswan
Rindi Astuti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing mix 7P terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda Vario125 pada PT. Tunas Dwipa Matra Melawi. Pada penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel independent marketing mix 7P (produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik), sedangkan variabel dependen yaitu keputusan pembelian produk.


            Peneliti ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan menggunakan rumus Lemeshow (1997) dalam Murti (2013) didapatkan besaran sampel sebesar 96,04, digenapkan menjadi 100 untuk mempermudah penelitian. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, kuesioner, dan studi dokumentasi. Penyebaran kuesioner menggunakan angket. Adapun alat analisis dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji rata – rata, rentang kelas interval, uji regresi berganda, uji asumsi klasik (normalitas, heteroskedastisitas, multikolinieritas), serta uji hipotesis (uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi).


            Hasil penelitian ini menujukan secara parsial atau uji t, marketing mix 7P tidak sepenuhnya berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor Honda Vario125, berdasarkan uji t hanya indikator produk (X1), yang berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Honda Vario125. Sedangkan secara simultan atau uji f, menunjukan terdapat pengaruh variabel marketing mix 7P terhadap keputusan pembelian Honda Vario125, adapun besaran pengaruhnya berdasarkan uji koefisien determinasi adalah sebesar 23,8%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Niswan, E., & Astuti, R. (2022). PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA, (STUDI KASUS PADA DEALER MOTOR HONDA PT. TUNAS DWIPA MATRA MELAWI). E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 8(2), 95–103. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/331
Bagian
Articles

Referensi

Akhiri, S. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) terhadap Keputusan Pembelian Motor Yamaha Tipe Nmax. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(1), 50-63.

Annur Cindy Mutia. (2022). Daftar merek sepeda motor terlaris didunia pada 2021. Diakses pada, 20 September 2022, pukul 09.00

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/13/apa-merek-sepeda-motor-terlaris-di-dunia-pada-2021

Dilla, M., Meliza, J., & Sitohang, D. M. (2020). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Di Shopee. CIVITAS: Jurnal Studi Manajemen, 2(2).

Hapsari, D. A., Nuringwahyu, S., & Krisdianto, D. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN 7P (MARKETING MIX 7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA DASTERBORDIR. COM). JIAGABI (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(2), 12-19.

Indrasari, Meithiana. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Surabaya: Unitomo Press.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi ke dua belas. Jakarta Erlangga

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Shareen, S., & Andayani, N. R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kara Santan PT Enseval Putera Megatrading, Tbk. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 46-59.

Setiyaningrum, A., & Udaya, J. (2015). Prinsip-prinsip pemasaran.

Wardhana, Aditya. (2021). MANAJEMEN PEMASARAN (Dasar & Konsep). Media Sains Indonesia.

YUNITA, N. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario di Kabupaten Jember (Studi Kasus Di PT. Mitra Pinastika Mustika Tbk Cabang Diponegoro Jember) (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Yudho, S. K. S., & Agustin, S. (2022). PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO ONLINE DAPURDEP. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 11(8).