PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKETMITRA UTAMA KECAMATAN AIR UPAS KABUPATEN KETAPANG

Isi Artikel Utama

Diku Suadyana

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator Store Atmosphere yang terdiri
dari eksterior, general interior, store layout dan interior display terhadap keputusan pembelian pada
mini market Mitra Utama kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 105 orang, dengan
menggunakan pendekatan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi
statistik SPSS 23. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa koefisien determinasi menunjukkan R
square sebesar 0,539 yang artinya store atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian sebesar
53,9% dan sisanya 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada
uji F mengungkapkan bahwa variabel store atmosphere yang terdiri dari eksterior, general interior,
store layout dan interior display secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji
t mengungkapkan bahwa Eksterior (X1), Store Layout (X3) dan Interior Display (X4) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sementara variabel General Interior
(X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Suadyana, D. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKETMITRA UTAMA KECAMATAN AIR UPAS KABUPATEN KETAPANG. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 9(1), 13–25. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/367
Bagian
Articles

Referensi

Akdon, Riduwan. (2007). Rumusan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta

Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan. Jakarta : Buku Seru

Ancok, D. (2010). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. Dalam : Singarimbun, M.,

dan Effendi, S. (Editor), Jakarta, Indonesia.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta

: PT Rineka Cipta.

Aris Ariyanto, Anum Nuryanti dan Denok Sunarsi. 2020. “Pengaruh Store Atmosphere

terhadap keputusan pembelian pada Alfamart BSD Tanggerang selatan” Jurnal

Ekonomi Efektif. Vol. 3 No 1.

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar : Konsep dan Strategi. Jakarta : Raja

Grafindo Persada.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Berman dan Evans,

“Retail Management”. 12th Edition. Jakarta: Pearson.

Barry Berman dan Joel R.Evans, 2014. “Retail Management” Dialih bahasakan oleh Lina

Salim, 12th Edition. Jakarta : Pearson

Barry Berman, Joel R. Evans & Patrali Chatterjee. 2001. Retail Management: Strategic

Approach. 13th Ed. British.

Basu Swastha, DH dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:

Liberty.

Christina Whidya Utami. (2010). Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Operasional

Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Edisi ke 2. Jakarta: salemba empat.

Desilsan Tansala, Tinneke M. Tumbel dan Olivia F. C. Walangitan. (2019). Pengaruh Store

Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado, Jurnal

Administrasi Bisnis. Vol. 8 No.1

Dita Murinda, Syahputra. (2017) Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian

pada Coffe Shop di Bandung, Jurnal Ecodemica. Vol. 1 No.2

Feni Farizal, Muhajirin. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan lokasi terhadap Keputusan

Pembelian Konsumen Pada Toko Zam-Zam Kota Bima, Jurnal Business and

Economics Research. Vol. 1 No. 3

Herlambang, Susanto. (2014). Basic Marketing (dasar-dasar pemasaran). Yogyakarta,

Gosyen Publishing.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi

Kedua Puluh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBMSPSS 23 (Edisi

. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan

Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Gilbert, David. (2003). Retail Marketing Management, Second Edition, Prentice Hall

Hair, Josep F. Jr. et. Al. (2010). Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson Education

Limited. Harlow. England

Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi

Komunikasi dan Informasi. Bandung : Aditama.

Iqbal Moh Khairul. (2020). pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian

Konsumen Pada Eiger Store Medan. Skripsi jurusan administrasi bisnis universitas

Sumatera Utara.

J. Supranto. (2000). Statistik : Teori dan Aplikasi. Edisi keenam jilid 1. Jakarta :penerbit

Erlangga.

Kotler,P. & Garry Amstrong. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT.Indeks

Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta:

Erlangga.

Kotler, Philips dan Garry Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terjemahan dariBob Sabran.

(2006). Jakarta : penerbit Erlangga.

Kotler, Philips dan Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta :

Penerbit Erlangga.

Lamb, Hair dan Mc Daniel. (2001). Pemasaran Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Purwanto, N, E & Dyah Ratih Suliyastuti. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta

: Gaya Media

Sandu Siyoto dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :Literasi

Media Publishing.

Stanton, Wiliam J. (1998). Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta:Erlangga.

Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta

Syahmardi Yacob, Yenny Yuniarti (2020) Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan

pembelian konsumen pada Coffee Shop Lucky Coffee Kota Jambi. Jurnal Dinamika

Manajemen. Vol. 8 No. 3

Yessi Mariana Usti dan Lili Karmela Fitriani. 2018. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap

Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Terbit Kuningan. Jurnal Strategic

Management. Vol. 1 No. 1