PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINI MARKETMITRA UTAMA KECAMATAN AIR UPAS KABUPATEN KETAPANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh indikator Store Atmosphere yang terdiri
dari eksterior, general interior, store layout dan interior display terhadap keputusan pembelian pada
mini market Mitra Utama kecamatan Air Upas, Kabupaten Ketapang. Pengumpulan data dilakukan
dengan cara penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 105 orang, dengan
menggunakan pendekatan accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan aplikasi
statistik SPSS 23. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa koefisien determinasi menunjukkan R
square sebesar 0,539 yang artinya store atmosphere mempengaruhi keputusan pembelian sebesar
53,9% dan sisanya 46,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada
uji F mengungkapkan bahwa variabel store atmosphere yang terdiri dari eksterior, general interior,
store layout dan interior display secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pada uji
t mengungkapkan bahwa Eksterior (X1), Store Layout (X3) dan Interior Display (X4) secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sementara variabel General Interior
(X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Akdon, Riduwan. (2007). Rumusan Data Dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta
Ali, Hasan. (2013). Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan. Jakarta : Buku Seru
Ancok, D. (2010). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian. Dalam : Singarimbun, M.,
dan Effendi, S. (Editor), Jakarta, Indonesia.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi VI). Jakarta
: PT Rineka Cipta.
Aris Ariyanto, Anum Nuryanti dan Denok Sunarsi. 2020. “Pengaruh Store Atmosphere
terhadap keputusan pembelian pada Alfamart BSD Tanggerang selatan” Jurnal
Ekonomi Efektif. Vol. 3 No 1.
Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran Dasar : Konsep dan Strategi. Jakarta : Raja
Grafindo Persada.
Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Berman dan Evans,
“Retail Management”. 12th Edition. Jakarta: Pearson.
Barry Berman dan Joel R.Evans, 2014. “Retail Management” Dialih bahasakan oleh Lina
Salim, 12th Edition. Jakarta : Pearson
Barry Berman, Joel R. Evans & Patrali Chatterjee. 2001. Retail Management: Strategic
Approach. 13th Ed. British.
Basu Swastha, DH dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:
Liberty.
Christina Whidya Utami. (2010). Manajemen Ritel: Strategi Dan Implementasi Operasional
Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Edisi ke 2. Jakarta: salemba empat.
Desilsan Tansala, Tinneke M. Tumbel dan Olivia F. C. Walangitan. (2019). Pengaruh Store
Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado, Jurnal
Administrasi Bisnis. Vol. 8 No.1
Dita Murinda, Syahputra. (2017) Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan pembelian
pada Coffe Shop di Bandung, Jurnal Ecodemica. Vol. 1 No.2
Feni Farizal, Muhajirin. (2020). Pengaruh Store Atmosphere dan lokasi terhadap Keputusan
Pembelian Konsumen Pada Toko Zam-Zam Kota Bima, Jurnal Business and
Economics Research. Vol. 1 No. 3
Herlambang, Susanto. (2014). Basic Marketing (dasar-dasar pemasaran). Yogyakarta,
Gosyen Publishing.
Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi
Kedua Puluh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBMSPSS 23 (Edisi
. Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan
Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Gilbert, David. (2003). Retail Marketing Management, Second Edition, Prentice Hall
Hair, Josep F. Jr. et. Al. (2010). Multivariate Data Analysis 7th Edition. Pearson Education
Limited. Harlow. England
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis Konvergensi Teknologi
Komunikasi dan Informasi. Bandung : Aditama.
Iqbal Moh Khairul. (2020). pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Pada Eiger Store Medan. Skripsi jurusan administrasi bisnis universitas
Sumatera Utara.
J. Supranto. (2000). Statistik : Teori dan Aplikasi. Edisi keenam jilid 1. Jakarta :penerbit
Erlangga.
Kotler,P. & Garry Amstrong. (2008). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Jakarta: PT.Indeks
Kotler, P. & Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta:
Erlangga.
Kotler, Philips dan Garry Amstrong. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Terjemahan dariBob Sabran.
(2006). Jakarta : penerbit Erlangga.
Kotler, Philips dan Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta :
Penerbit Erlangga.
Lamb, Hair dan Mc Daniel. (2001). Pemasaran Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.
Purwanto, N, E & Dyah Ratih Suliyastuti. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta
: Gaya Media
Sandu Siyoto dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta :Literasi
Media Publishing.
Stanton, Wiliam J. (1998). Prinsip Pemasaran Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Sugiyono, (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :Alfabeta.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
Syahmardi Yacob, Yenny Yuniarti (2020) Pengaruh Store Atmosphere terhadap keputusan
pembelian konsumen pada Coffee Shop Lucky Coffee Kota Jambi. Jurnal Dinamika
Manajemen. Vol. 8 No. 3
Yessi Mariana Usti dan Lili Karmela Fitriani. 2018. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap
Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Terbit Kuningan. Jurnal Strategic
Management. Vol. 1 No. 1