Pengaruh ukuran perusahan, profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan sektor perbankan yang terdaftar di bei tahun 2018-2022)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, profitabilitas
dan leverage terhadap nilai perusahaan. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 perusahaan sektor perbankan yang
menggunakn teknik pengambilan sampel yaitu metode purposive sampling. Teknik analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menguji
hipotesis dalam penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel ukuran perusahaan berpengaruh
terhadap nilai perusahaaan, profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan leverage
berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara simultan ketiga variabel tersebut memberikan
pengaruh sebesar 55.7% terhadap nilai perusahaan dan 44.3% dipengaruhi variabel diluar
penelitian
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Arifin, Z. (2005). Teori Keuangan dan Pasar Modal. Ekonisia.
Ghozali Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25
(Sembilan). In Semarang, Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.
Hartono, J. (2013). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (8th ed.). BPFE.
Herdiani, N. P., Badina, T., & Rosiana, R. (2021). Pengaruh Likuiditas, Leverage, Kebijakan
Dividen, Ukuran Perusahaan, Good Corporate Governance dan Sales Growth Terhadap
Nilai Perusahaan. Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 87–106.
https://doi.org/10.30630/jam.v16i2.157
Isfenti, S. (2010). Manajemen Keuangan. USU Press.
Kalbuana, N., & Juniar, U. (2017). Pengaruh Profitabilitas , Leverage , Dan Size Terhadap
Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Sektor Perbankan.
Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan. PT. Raja Grafindo Persada.
Keown, A. J. (2014). Foundations of Finance: The Logic and Practice Of Financial
Management (8th ed.). Pearson Education Limited.
Khafa, L., & Laksito, H. (2015). Pengaruh Csr, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan
Keputusan Investasi Pada Kinerja Keuangan Perusahaan Dan Nilai Perusahaan.
Diponegoro Journal of Accounting, 4(4), 1–13.
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/accounting/article/view/9575
Khotimah, S. N., Mustikowati, R. I., & Sari, A. R. (2021). Pengaruh ukuran perusahaan dan
leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi.
Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 8(2), 1338–1367.
https://doi.org/10.21067/jrma.v8i2.5232
Novari, P. M., & Lestari, dan P. V. (2016). PROFITABILITAS TERHADAP NILAI
PERUSAHAAN PADA SEKTOR Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (
Unud ), Bali , Indonesia PENDAHULUAN Mempertahankan kontinuitas perusahaan
adalah elemen penting yang harus dipertahankan oleh perusahaan , terutama men. EJurnal Manajemen Unud, 5(9), 5671–5694.
Rachmawati, D., & Pinem, D. B. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage Dan Ukuran
Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Equity, 18(1), 1–18.
https://doi.org/10.34209/equ.v18i1.456
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.
Wardhani, W. K., Titisari, K. H., & Suhendro, S. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Struktur
Modal, Ukuran Perusahaan, Dan Good Corporate Governance terhadap Nilai
Perusahaan. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 37.
https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i1.264
Wijaya, B. I., & Sedana, I. . P. (2015). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan
(Kebijakan Dividen Dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal
Manajemen Unud, 4(12), 4477–4500.
Yusmaniarti, Setiorini, H., & Pitaloka, L. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance,
Profitabilitas, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Property Dan
Real Estate Indonesia. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 3(4), 406–418