Pengaruh Der, Tato Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia

Isi Artikel Utama

Maksum

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh DER dan TATO terhadap Ukuran Perusahaan Perbankan yang diukur menggunakan ROA. Variabel independennya adalah DER dan TATO, sedangkan variabel dependennya adalah ROA. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 4 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan periode pengamatan tahun 2014 sampai dengan tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel DER berpengaruh negatif signifikan terhadap Ukuran Perusahaan, dengan tingkat pengaruh sebesar 182,8 %. Sedangkan variabel TATO berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Ukuran Perusahaan dengan tingkat pengaruh sebesar 38,3%. Dan DER dan TATO secara bersama-sama mempengaruhi Ukuran Perusahaan sebesar 65,8%

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Maksum, M. (2024). Pengaruh Der, Tato Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 10(1), 171–176. https://doi.org/10.54035/jem.v10i1.451
Bagian
Articles

Referensi

Ghozali, Imam, 2005, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP UNDIP.

Hery, 2015, Analisis Kinerja Manajemen The Best Financial Analysis Menilai Kinerja Manajemen Berdasarkan Rasio Keungan. (H. Selvia, Ed.) Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia (GRASINDO).

Jeni dkk, 2019, Pengaruh TATO, DER dan Current Ratio terhadap ROA pada Perusahaan Perusahaan Property dan Real Estate, Owner Riset dan Jurnal Akuntansi, Jurnal Program Studi Akuntansi Politeknik Ganesha, Vol 3 No 2,

Kuncoro, Mudrajad, 2003, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Edisi 3. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Meita Pangesti dkk, 2021, Pengaruh DAR dan TATO terhadap ROA pada Perusahaan Subsektor Makanan dan Minuman di BEI Tahun 2014-2020, Indonesian Journal of Economic and managemenr, Vol-2 no 1

Santoso, Singgih, 2007, Menguasai Statistik di Era Informasi dengan SPSS 15. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Keenam, Bandung

https://www.idx.co.id