Pengaruh Efektivitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Servis Ac (Air Condicioner) Cv Lucky Putra Perkasa Kota Pontianak

Isi Artikel Utama

Paulinus

Abstrak

Proses penelitian ini terlaksana melalui proses penyebaran kuesioner dan wawancara langsung dengan pelanggan dan juga pemilik usaha CV Lucky Putra Perkasa Kota Pontianak. Walaupun jenis usaha ini banyak digeluti di Kota Pontianak, namun peneliti tertarik untuk mengkajinya. Tujuan utama dari penelitian ini sendiri adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh efektivitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada servis AC (air conditioner) CV Lucky Putra Perkasa Kota Pontianak, (2) Untuk mengetahui pengaruh kendala dalam meningkatkan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada servis AC (air conditioner) CV Lucky Putra Perkasa Kota Pontianak, (3) Untuk mengetahui upaya mengatasi pengaruh kendala dalam meningkatkan pelayanan servis AC (air conditioner) Pada CV Lucky Putra Perkasa Cabang Pontianak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner, metode wawancara dan metode dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan jawaban responden dari kuesioner menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengaruh efektivitas pelayanan petugas jasa servis AC (air conditioner) pada CV Lucky Putra Perkasa Cabang Pontianak sudah sangat baik, hasil penelitian menunjukkan bahwa keandalan (realibility), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy) dan  bukti fisik (tangible) berdasarkan rata-rata jawaban responden dengan skala penilaian interval tinggi antara 61% - 80%.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jang, P. (2024). Pengaruh Efektivitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Pada Servis Ac (Air Condicioner) Cv Lucky Putra Perkasa Kota Pontianak. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 10(1), 186–202. https://doi.org/10.54035/jem.v10i1.453
Bagian
Articles

Referensi

Beni. (2016). Konsep dan Analisis Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah d Era Otonomi. Taushia Daulay: Jakarta Pusat

Fandy Tjiptono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Cetakan Kedua. Penerbit PT Remaja Rosdakarya: Bandung

KBBI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses Online 2023.

Kotler dalam Laksana. (2018). Manajemen Pemasaran. Graha Ilmu: Yogyakarta

Mahmudi. (2015). Manajemen Kinerja Sektor Publik Edisi 3. STIE Manajemen: Yogyakarta

Mardiasmo. (2017). Perpajakan Edisi Terbaru. Andi: Yogyakarta

Nasir. (2016). Prosedur-Prosedur Analisis Populer Aplikasi Riset Skripsi dan. Tesis dengan Eviews. Penerbit Gava Media: Yogyakarta

Nasution. (2016). Metode Penelitian dan Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Penerbit Alfabeta: Bandung

Nawawi. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Universitas Gajahmada: Yogyakarta

Sampara dalam Sinambela. (2014). Reformasi Pelayanan Publik Edisi Revisi. Bumi Aksara: Jakarta

Sumarwa Al Mucthar. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia (Perikanan dan Kelautan). Penerbit PT Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Penerbit Alfabeta: Bandung

Tjiptono dalam Sunyoto. (2014). Strategi Pemasaran. Publishing Service (CAPS): Yogyakarta