Pengaruh Kualitas Produk Dan E-Wom Dengan Brand Image Sebagai Mediasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Realme Di Kota Pontianak

Isi Artikel Utama

Mayfhuzha
Dina

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi terutama smartphone mendorong masyarakat dalam memutuskan membeli smartphone. Sejalan dengan meningkatnya persaingan dalam pangsa pasar di Indonesia. Namun kenyataannya perusahaan Realme hanya menduduki peringkat kelima dalam pangsa pasar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan e-wom dengan brand image sebagai mediasi terhadap keputusan pembelian produk smartphone Realme. Variabel bebas penelitian ini adalah kualitas produk dan e-wom. Variabel mediasi adalah brand image sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen smartphone Realme di Kota Pontianak. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi WarpPls 8.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara kualitas produk terhadap brand image. Terdapat pengaruh langsung antara e-wom terhadap brand image. Terdapat pengaruh langsung antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Terdapat pengaruh langsung antara e-wom terhadap keputusan pembelian. Tidak terdapat pengaruh langsung antara brand image terhadap keputusan pembelian. Tidak terdapat hubungan antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian yang di mediasi brand image. Tidak terdapat hubungan antara e-wom terhadap keputusan pembelian yang di mediasi brand image.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Anandha Shafitry, M., & Octaviani, D. (2024). Pengaruh Kualitas Produk Dan E-Wom Dengan Brand Image Sebagai Mediasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Realme Di Kota Pontianak. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 10(1), 40–50. https://doi.org/10.54035/jem.v10i1.455
Bagian
Articles

Referensi

Akbar, S. S., Violinda, Q., Setiawati, I., & Rizwan, M. (2021). The Influence of Product Quality, Product Design, Brand Image on Realme Smartphone Purchase Decisions. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 3(2), 121–132. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2021.3.2.9331

Amin, A. M., & Yanti, R. F. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, E-WOM, Gaya Hidup, Country Of Origin dan Motivasi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Korea Nature Republic. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.55583/invest.v2i1.111

Dian, S., & Prajanti, W. (2019). Predicted Purchasing Decisions from Lifestyle , Product Quality and Price Through Purchase Motivation. Journal of Economic Education, 8(1), 1–11.

Edriani, D. (2021). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ekobistek, 10(2), 132–135.

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences / Revue Canadienne Des Sciences de l’Administration, 27, 5–23. https://doi.org/10.1002/cjas.129

Hair, J. F., Black, Jr, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. In Pearson New International Edition.

Hennig-Thurau, T., Gwinner, K. P., Walsh, G., & Gremler, D. D. (2004). Electronic word-of-mouth via consumer-opinion platforms: What motivates consumers to articulate themselves on the Internet? Journal of Interactive Marketing, 18(1), 38–52. https://doi.org/10.1002/dir.10073

Humris, M. U. A. F., Muhammad Sadat, A., & Rahmi. (2022). Pengaruh Harga dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Sanitizer Dimediasi oleh Citra Merek Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(2), 404–417. https://doi.org/10.21009/jbmk.0302.06

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. (2021). Marketing Management, Global Edition (16th ed.). In Pearson Education.

Lia, A., Ibdalsyah, I., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Persepsi Konsumen, Labelisasi Halal dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Herbal Skincare SR12. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(2), 263–273. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i2.788

Oktavianti, R., & Budiarti, A. (2021). Pengaruh Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Citra Merek (Studi Pada Konsumen KOI Bubble Tea Tunjungan Plaza Surabaya). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 112–127. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.216

Puspita, Y. D., & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga , Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices , Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104.

Rohmanuddin, R., & Suprayogo, H. A. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus Pada Bisnis Ritel Pakaian “Sting” Cabang Kedoya Green Garden). Jurnal Bina Manajemen, 10(2), 78–89. https://doi.org/10.52859/jbm.v10i2.207

Rosmaniar, A., Mauliddah, N., & Prahesti, D. H. (2022). Apakah Brand Image Memediasi Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hijab Merk Lokal. Keuangan Dan Manajemen, 18(3), 622.

Rumasukun, M. R., Akbar, M. A., Kolinug, M. V., Ibrahim, M. B. H., & Idrus, A. (2022). Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek: Study Pada Samsung Experience Store Jayapura. Jurnal Ekonomika, 6(1), 81–88. https://journal.lldikti9.id/Ekonomika/article/view/667

Ruslim, A. C., Tumewu, F. J., & Tumewu, F. J. (2015). The influence of advertisement… The Influence Of Advertisement, Perceived Price, And Brand Image On Consumer Buying Decision To Asus Mobile Phone. Jurnal EMBA, 393(3), 393–401.

Schiffman, L. G., Kanuk, L. L., & Hansen, H. (2012). Consumer Behaviour: A European Outlook. Pearson Financial Times/Prentice Hall. https://books.google.co.id/books?id=kf9TuQAACAAJ

Setiawan, U., Dhiana, P., & Haryono, A. T. (2014). Pengaruh Citra Merek, Harga, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry Gemini (Studi pada Mahasiswa Mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Pandanaran Semarang). Jurnal Manajemen Pemasaran.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D. Alfabeta. https://books.google.co.id/books?id=xmngzwEACAAJ

Taufiqurrohman, R. M., & Ming, L. M. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Smartphone Realme Di Kecamatan Rembang. Jurnal Mirai Management, 8(1), 32–40.

Yulindasari, E. R., & Fikriyah, K. (2022). Pengaruh e-WoM (Electronic Word of Mouth) terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal di Shopee. Journal of Islamic Economics and Finance Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.47700/jiefes.v3i1.4293