Pengaruh Online Costumer Review, Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee pada Mahasiswa Prodi Manajemen Feb Universitas Panca Bhakti Pontianak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee Pada Mahasiswa Prodi Manjemen FEB Universitas Panca Bhakti Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi yaitu Mahasiswa prodi manajemen Universitas Panca Bhakti Pontianak yang melakukan transaksi secara online di marketplace shopee dan sampel sebanyak 130 responden dengan purposive sampling. Alat uji yang digunakan yaitu uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Heteroskedastisitas, Multikolinearitas, koefisien determinasi (Adjusted R), Uji t, dan Uji F. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda, didukung dengan uji statistik, menggunakan program SPSS versi 23. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh sig sebesar Online Customer Review 0,000 < 0.05 dan Online Customer Rating 0,000 < 0.005 artinya Online Customer Review secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan Online Customer Rating secara parsial berpengaruh terhadap Keputusan pembelian.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Almana, M, A., & Mirza, A. . (2013). The Impact of Electronic Word of Mouth on Consumers ’ Purchasing Decisions. International Journal of Computer Application, 8(31), 23–31.
Amaludin, I. (2020). Strategi Promosi yang Diterapkan Pada PT Shoppe Indonesia. Endocrine, 9(May), 6.
Amilia, S. (2017). Pengaruh Citra Merek , Harga , dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. 6(1).
Arbaini, P. (2020). Pengaruh consumer online rating dan review terhadap keputusan pembelian pada pengguna marketplace tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1).
Ardianti, A. N., & Widiartanto. (2019). Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2. http://teknonisme.com
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Ashari, R.A. 2018. Analisis Faktor-Faktor Penggunaan E- Commerce bagi Usaha Mikro Kecil Menengah pada Pengusaha Perak Di Kotagede Yogyakarta. Universitas Islam Indonesia, 29
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia [APJII]. (2018). Profil Pengguna Internet Indonesia. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Eka, V. (2020). Pengaruh Store Image, Online Customer Review Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Endocrine, 9(May), 6.
Fadli, M. D., & Rubiyanti, R. N. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Shopee. 8(5), 6120–6136.
Filieri, R. & McLeay, F. 2014. E-WOM and Accommodation: An Analysis of the Factors That Influence Travelers’ Adoption of Information from Online Reviews. Journal of Travel Research, 53(1): 44–57.
Ghozali. (2011). Mengolah Data Statistik secara Profesional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. p.80.
Haniscara, N. A., & Saino, S. (2021). Pengaruh online customer review dan tagline terhadap keputusan pembelian produk fashion di marketplace shopee dengan minat beli sebagai variabel intervening: studi pada generasi muda Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 533-543.
Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review , Online Customer Rating , dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga. Jurnal Teknik ITS, 9(2).
Hasibuan, M. S. P. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Jakpat. ( 2023). Jumlah persaingan e-commerce di indonesia.
Julianti, Y. A. (2019). pengaruh Online Costumer Review Dan Online Costumer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Online Marketplace (Studi Mahasiswa Universitas Pasir Pengaraian). Cano Ekonomos, 8(1), 0-8.
Kamila, K.T., Suharyono & Perwangsa Nuralam, I. 2019. Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei pada Mahasiswa Universitas Brawijaya TA 2015 / 2016 – 2018 / 2019 yang Pernah Membeli dan Menggunakan Xiaomi Smartphone ). Journal Administrasi Bisnis, 72(1): 202–211.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Princi (Global Edi). Pearson Education.
Nurmadina, 2016. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus pada Konsumen Fashion Online di Kota Makassar). Makassar, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Alauddin Makassar.
Sugiyono. (2016). Statistika Untuk Penelitian. alfabeta. Bandung.
Suharfin, P. 2018. Analisis Faktor yang Mendorong Belanja Online Pada Mahasiswa di Kota Medan. Medan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara, (Online), (http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2292, diakses 13 mei (2023