Peran Brand Trust sebagai Pemediasi Hubungan Antara Nutrition Label dengan Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo (Kota Pontianak)

Isi Artikel Utama

Natalia
Adi

Abstrak

Semakin banyaknya masyarakat yang konsumsi mie instan maka membuat perusahaan berlomba-lomba dalam meciptakan berbagai varian rasa yang baru mie instan untuk menarik para konsumen agar melakukan keputusan pembelian. Salah satu varian tersebut adalah mie instan Lemonilo, dimana produk mie instan lemonilo sangat baik untuk di konsumsi bagi kesehatan tubuh. Keputusan pembelian konsumen sangat memberikan dampak yang besat bagi perusahaan jika dapat memaksimalkan brand trust dan nutrition label terhadap keputusan pembelian mie instan lemonilo pada masyarakat di kota Pontianaka. Penggunaan metode pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana populasinya kota Pontianak serta memiliki sampel sebanyak 100 responden masyarakat kota Pontianak yang mengkonsumsi mie instan Lemonilo. Yang ditentukan menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu purposive sampling dan dianalisis menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) dengan bantuan Software WarpPLS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nutrition label memberikan pengaruh positif terhadap brand trust dan nutrition label juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Selain itu, brand trust memberikan pengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan nutrition label juga berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan brand trust sebagai mediasi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Natal, N., & Mursalin, A. (2024). Peran Brand Trust sebagai Pemediasi Hubungan Antara Nutrition Label dengan Keputusan Pembelian Mie Instan Lemonilo (Kota Pontianak). Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 10(2), 97–110. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/511
Bagian
Articles

Referensi

Aaker, D. A. dan A. L. B. B. S. B. (2013). Brand Equity and Advertising: Advertising’s Role Building Strong Brands. Psychology Pres.

Abdillah dan Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Penerbit Andi. Abdurrahman, Muhammad Shollih, Ratno Purnomo, and Eling Purwanto Jati. "Pengaruh Motivasi Kerja Otonom dan Internal Locus of Control Terhadap Kinerja Karyawan dengan Employee Engagement Sebagai Variabel Mediasi." Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi 26.2 (2019): 66-76.

Aditria, D., Digdowiseiso, K., & Nurwulandari, A. (2023). Pengaruh Brand Image, E-wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi di Hits Burger Antasari Jakarta Selatan. Technomedia Journal, 8(1SP), 30-45.

Agustina, R., Hinggo, H. T., & Zaki, H. (2023). Pengaruh Brand Ambassador,E-Wom dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, 2(1), 433-443.

Ali Hasan. (2013). Marketing (1st ed.). Media Pressdindo.

Ardiyanti, Y., Apriliani, R. A. E. P., Efendi, B., & Nurhayati, E. C. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Product Quality Terhadap Keputusan Pembelian. Jamasy: Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Perbankan Syariah, 2(2), 100-108.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers.

Augusty Ferdinand. (2006). Metode Penelitian Manajemen. Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Bagus, I., Udayana, N., Tria, L., Hutami, H., Yani, Y. E., Sarjanawiyata, U., (2022). Website Quality, Brand Image, and Brand Trust on Repurchase Intention Through Customer Satisfaction as Intervening Variabels.

(2). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability

Cindy Mutia Annur. (2022). Indonesia Masuk 5 Besar Jumlah Penduduk Terbanyak di G20. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/01/indonesia-masuk-5- besar-jumlah-penduduk-terbanyak-di-g20

Danu Praja, A., & Haryono, T. (2022). The Effect Of Citra Merek And Product Quality On Repurchase Intention Mediated By Consumer Satisfaction Study At Uniqlo In Solo. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 6. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR

Damayanti, F., & Saputro, E. P. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Awareness dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Girsang, N. M., Rini, E. S., & Gultom, P. (2020). The Effect Of Brand Image And Product Quality On Re-Purchase Intention With Customer Satisfaction As Intervening Variabels In Consumers Of Skincare Oriflame Users – A Study On Students Of North Sumatra. European Journal of Management and Marketing Studies, 5(1), 40–57. https://doi.org/10.5281/zenodo.3627548

Gunawan, P. A., & Kunto, Y. S. (2022). Pengaruh brand image dan nutrition label terhadap keputusan pembelian mie instan lemonilo: Efek moderasi orientasi makanan sehat. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 48-56.

Hanafi, Bayu Dwilaksono, and Corry Yohana. "Pengaruh motivasi, dan lingkungan kerja, terhadap kinerja karyawan, dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada PT BNI Lifeinsurance." Jurnal pendidikan ekonomi dan bisnis (JPEB) 5.1 (2017): 73-89.

Herawati. (2013). Analisis Pengaruh Pendidikan, Upah, Pengalaman Kerja, Jenis Kelamin dan Umur Terhadap Produktivitas Industri Shuttlecock Di Kota Tegal. Universitas Diponegoro Semarang.

Ida Bagus Nyoman Udayana, Hutami, L. T. H., & Yani, Y. E. (2022). Website Quality , Brand Image, and Brand Trust on Repurchase Intention Through Customer Satisfaction as Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen Profitability, 6(2), 201–214.

Ishak, A., & Luthfi, Z. (2011). Pengaruh kepuasan dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas: Studi tentang peran mediasi switching costs. Jurnal siasat bisnis, 15(1).

Keller, K. L. (1993). Conceptualizing, Measuring, and Managing Customer-Based Brand Equity. Journal of Marketing Research.

Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2019). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity (5th Global). Harlow: Pearson Education Limited.

Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Marketing Management (15th ed.). Global Edition,. Lemonilo. (2021). Kenapa Mie Lemonilo Lebih Baik? Lemonilo.Com.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953-964.

Lusri, Lidia. (2017) "Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel mediasi pada karyawan PT. Borwita Citra Prima Surabaya." Agora 5.1.

Putri, O. D. P. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Makanan terhadap Niat Berkunjung Kembali dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Rumah Makan Ayam Goreng Mbah Karto Tembel di Sukoharjo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah.

Rahmawati. (2016). Manajemen Pemasaran (1st ed.). Mulawarman University Perss.

Ramadhan, H. M. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Nct 127 Terhadap Purchase Decision Melalui Brand Trust Pada E-Commerce Blibli. Com. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (EK dan BI), 6(1), 167-175.

Rosdiana Ayu Fatmawati. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Krimer Kental Manis Nestle Carnation Di Jabodetabek. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Pada Hijab Medyna Colletion Situs Shop Online, IV(September).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (1st ed.). Bandung : Alfabeta

Susanti, R., & Lamidi, L. (2022). Pengaruh Brand Image Brand Trust Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Survey Pada Pengguna Shopee Di Kota Klaten). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 22(1).

Tania, E. M., & Yohanes, S. K. (2022). Pengaruh brand association dan nutrition label terhadap perilaku pasca pembelian Cimory Yogurt: efek moderasi family orientation. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(2), 133-139.

Triadi, Rakhmat, Siti Hidayah, and F. Fasochah. "Pengaruh motivasi intrinsik dan ekstrinsik terhadap kinerja pegawai yang di mediasi oleh komitmen organisasi (Studi pada pegawai kantor pertanahan kota Semarang)." Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi 26.47 (2019).

Yunitasari, V., & Anwar, M. K. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ekonomi Islam, 2(1), 49-57.