Perumusan Strategi Mitigasi Risiko UMKM Percetakan Skala Rumahan melalui Analisis IFE, EFE, dan SWOT

Isi Artikel Utama

Falaach Albataty

Abstrak

UMKM percetakan skala rumahan memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian lokal, namun menghadapi berbagai risiko mulai dari persaingan harga, perubahan teknologi, hingga ketergantungan pada suplai bahan baku. Penelitian ini bertujuan menganalisis kondisi internal dan eksternal UMKM percetakan dengan menggunakan pendekatan SWOT yang diperdalam melalui penyusunan Matriks IFE dan EFE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor IFE sebesar 2,98 dan EFE sebesar 2,76, menempatkan UMKM pada posisi grow and build. Strategi yang direkomendasikan meliputi peningkatan kualitas layanan, adopsi teknologi digital printing, penguatan pemasaran berbasis komunitas, serta mitigasi risiko melalui diversifikasi produk dan manajemen suplai. Penelitian ini diharapkan menjadi rujukan bagi UMKM percetakan dalam merumuskan strategi keberlanjutan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Albataty, F. (2025). Perumusan Strategi Mitigasi Risiko UMKM Percetakan Skala Rumahan melalui Analisis IFE, EFE, dan SWOT. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 11(2), 92–97. https://doi.org/10.54035/jem.v11i2.604
Bagian
Articles

Referensi

Amalia, M. M., Kraugusteeliana, Sipayung, B., Rustiawan, I., & Bambang. (2023). Business Risk Management Using Strengths Weaknesses Opportunities Treats in Small Business. Journal of Management Science (JMAS), 6(1), 125-131. https://doi.org/10.35335/jmas.v6i1.206

David, F. R., & David, F. R. (2019). Strategic Management: Concepts and Cases. Pearson.

Gürel, E., & Tat, M. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. Journal of International Social Research, 10(51).

Haryani, D. S. (2018). Evaluasi Peran Enterprise Risk Management Dalam Upaya Pengelolaan Risiko Operasional Pada Usaha Percetakan Kedai Digital Di Tanjungpinang, Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, Vol.2, No.1, 2018:15-27

Indarti, N., & Langenberg, M. (2008). Factors affecting business success among SMEs. empirical evidences from Indonesia.Journal of Asia Entrepreneurship Research.

Jan Dvorsky & Jaroslav Belas & Beata Gavurova & Tomas Brabenec, 2021. "Business risk management in the context of small and medium-sized enterprises," Economic Research-Ekonomska Istraživanja, Taylor & Francis Journals, vol. 34(1), pages 1690-1708, January.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management. Pearson.

Krüger, N. A., et al. (2021). The Development of a Small and Medium-Sized Business Risk Tool — MDPI. Journal of Risk and Financial Management, 14(7), 310; https://doi.org/10.3390/jrfm14070310

Maulana, Rusman. (2025). Strategi Pengembangan Usaha UMKM dengan Analisis SWOT. Jurnal Manajemen Bisnis Digital Terkini. 2. 223-235. 10.61132/jumbidter.v2i3.664.

Nirmasari, D. (2024). Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Ud. Difiy Printing (Studi Penelitian Umkm Percetakan Di Kajen Margoyoso Pati) JORAPI : Journal Of Research And Publication Innovation Vol. 2, No. 4, October 2024

Pratama, C. (2023). SWOT Analysis Approach in Business Risk Management for MSMEs. JUSTBEST Journal of Sustainable Business and Management, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.52432/justbest.3.1.26-33

Tambunan, T. (2019). UMKM di Indonesia: Isu-isu penting. Ghalia Indonesia.

Turgay, Safiye & Aydın, Abdulkadir. (2023). Risk Mitigation for SMEs: A Step-by-Step Guide to Implementing an Effective Framework. Financial Engineering and Risk Management. 4. 71-80. 10.23977/ferm.2023.060808.