ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP ROKOK KRETEK DI KOTA PONTIANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penilaian konsumen terhadap atribut-atribut rokok kretek (2) Menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap rokok kretek (3) Menganalisis tingkat loyalitas konsumen rokok kretek. Penelitian ini dilakukan di Kota Pontianak Barat secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan Kota Pontianak memiliki jumlah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas tertinggi dibandingkan kecamatan lainnya. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental Sampling, sampel diambil secara sengaja dan proporsional dengan jumlah total sampel adalah 60. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang dikumpulkan dari wawancara dengan responden dan data sekunder dari instansi terkait. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, model Fishbein dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling diinginkan oleh konsumen dalam pembelian rokok kretek adalah citarasa dan atau kemudahan memperoleh. Atribut-atribut yang dinilai telah memuaskan konsumen karena kinerjanya baik antara lain : penetapan harga, pencantuman kadar tar dan nikotin, kemudahan memperoleh, iklan/promosi, citarasa, pencantuman tanggal dan tahun kadaluarsa, ketersediaan dan variasi jumlah rokok per kemasan. Loyalitas konsumen terhadap rokok kretek dinyatakan cukup loyal.
Rincian Artikel
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.