ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP ROKOK KRETEK DI KOTA PONTIANAK

Isi Artikel Utama

Adi Mursalin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penilaian konsumen terhadap atribut-atribut rokok kretek (2) Menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi loyalitas konsumen terhadap rokok kretek (3) Menganalisis tingkat loyalitas konsumen rokok kretek. Penelitian ini dilakukan di Kota Pontianak Barat secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan Kota Pontianak memiliki jumlah penduduk  yang  berusia  15  tahun  ke  atas  tertinggi  dibandingkan  kecamatan lainnya. Adapun teknik pengambilan sampel dilakukan dengan accidental  Sampling, sampel diambil secara sengaja dan proporsional dengan jumlah total sampel adalah 60. Data yang digunakan terdiri dari data primer yang dikumpulkan dari wawancara dengan responden dan data sekunder dari instansi terkait. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, model Fishbein dan Importance Performance Analysis (IPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut yang paling diinginkan oleh konsumen dalam pembelian rokok kretek adalah citarasa dan atau kemudahan memperoleh. Atribut-atribut yang dinilai telah memuaskan konsumen karena kinerjanya baik antara lain : penetapan harga, pencantuman kadar tar dan nikotin, kemudahan memperoleh, iklan/promosi, citarasa, pencantuman tanggal dan tahun kadaluarsa, ketersediaan dan variasi jumlah rokok per kemasan. Loyalitas konsumen terhadap rokok kretek dinyatakan cukup loyal. 


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mursalin, A. (2017). ANALISIS LOYALITAS KONSUMEN TERHADAP ROKOK KRETEK DI KOTA PONTIANAK. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 3(1), 37–47. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/79
Bagian
Articles