ANALISIS KEBIJAKAN PEMASARAN (7P) SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA DEALER UTAMA JAYA MOTOR SIANTAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijaksanaan pemasaran (7P) sepeda motor yamaha pada dealer Utama Jaya Motor Siantan. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survey yang mengambil sampel dari suatu populasi dengan mengunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen dan masarakat yang berada disekitaran dealer Utama jaya motor Siantan Pontianak Utara, sampel yang diambil sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik incidental sampling.
Hasil penelitian terhadap kebijaksanaan pemasaran yang dijalankan dealer Utama Jaya Motor Siantan menunjukkan bahawa: pada aspek product (produk) dengan rata-rata 4,24 dalam kategori sangat baik. Aspek price (harga) dengan rata-rata 4,06 dalam kategori baik. Aspek place (lokasi) dengan rata-rata 3,66 dalam kategori cukup baik. Aspek promotion (promosi) dengan rata-rata 3,97 dalam kategori baik. Aspek people (orang) dengan rata-rata 4,00 dalam kategori baik. Aspek process (proses) dengan rata-rata 4,10 dalam kategori baik dan pada aspek physical evidence (bukti fisik) dengan rata-rata 3,24 dalam kategori sangat tidak baik.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Akdon, dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung:Alfabeta.
Arikunto, S. 2007. Prosedur penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT Rinka Cipta.
Basu Swastha dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2, Yogyakarta: Liberty.
Buchari Alma. 2018 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan ke -13 Bandung. Alfabeta.
Danang Suyanto. 2012. Dasar-dasar manajemen pemasaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: CAPS.
Fahmi, Z., & Octaviani, D. (2018). the Strategies of Targeting Consumer Buying Decision in Palmart Minimarket, Pontianak. Journal of Management and Business, 17(1), 10–18. https://doi.org/10.24123/jmb.v17i1.373
Fakhriyan Sefti Adhaghassani. 2016. Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7p (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) Di Cherryka Bakery Promotion,. Journal Pendidikan Teknik Boga: Vol 5, No 6.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25 (Edisi 9). Cetakan ke IX. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hurriyati, Ratih 2010. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Irwanto dan Sidik Solihin (2015)Analisis Strategi Pemasaran Pada Pt. Danareksa Securitas Cabang Medan Untuk Masyarakat Berinvestasi. Jurnal Bisnis Administrasi volume 04, Nomor 01, 2015, 73-85.
Kotler, Amstrong. 2009. Prinsip-prinsip pemasaran, Edisi keduabel as, Jilid 1. 2 Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi Kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat: Jakarta.
Setyaningrum Ary, Dkk. 2015. Prinsip-prinsip pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: ALFABETA.
Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran, Edisi Keempat. Andi, Yogyakarta.
Umar Husein,. 2005. Metodologi penelitian. Jakarta: Raja Garfindo.
Umar, Husein. 2003. Metode Riset Komunikasi Organisasi. PT. Gramedia PustakaUtama: Jakarta.