ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA ANTAN RAYAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT

Isi Artikel Utama

Maulana Filani Rizal
Dami
Mardono

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat. Metode penelitian, ini menggunakan metode deskriptif. Teknik  pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi serta dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis adalah analisis IKM (Indeks Kepuasaan Masyarakat) sebagaimana telah ditetapkan dalam keputusan Men.PAN Nomor.14/KEPM.PAN/2017.


Sampel yang diambil sebanyak 30 orang. Menurut Lembaga Administrasi Negara, Pelayanan publik adalah suatu bentuk kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hasil  penelitian menunjukan bahwa kepuasan masyarakat yang diberikan Sangat Baik namun masih ada sub variabel yang harus diperbaiki. Penulis memberikan beberapa saran dan masukan kepada pihak Kantor Desa Antan Rayan dapat berguna dan bermanfaat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Filani Rizal, M., Dami, & Mardono. (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA ANTAN RAYAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 8(2), 88–94. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/330
Bagian
Articles