ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR DESA ANTAN RAYAN BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat. Metode penelitian, ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi serta dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis adalah analisis IKM (Indeks Kepuasaan Masyarakat) sebagaimana telah ditetapkan dalam keputusan Men.PAN Nomor.14/KEPM.PAN/2017.
Sampel yang diambil sebanyak 30 orang. Menurut Lembaga Administrasi Negara, Pelayanan publik adalah suatu bentuk kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepuasan masyarakat yang diberikan Sangat Baik namun masih ada sub variabel yang harus diperbaiki. Penulis memberikan beberapa saran dan masukan kepada pihak Kantor Desa Antan Rayan dapat berguna dan bermanfaat.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.