PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN DAN CITA RASA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI AMING COFFE PODOMORO

Isi Artikel Utama

Yonas Saputra
Ery Niswan
Naiyun Untung Utama

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere, kualitas
pelayanan dan cita rasa terhadap minat berkunjung kembali di aming coffee podomoro.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah pengunjung aming coffee yang pernah
berkunjung di aming coffee minimal 3 kali 115 orang dan teknik sampling yang digunakan
yaitu metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metoda analisis
data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, tahap analisa menggunakan regresi
linear berganda dan pengujian hipotesis menggunakan program SPSS 23 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel store atmosphere, kualitas pelayanan
dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali di
aming coffee podomoro, secara simultan sebesar 69,5%, sedangkan sisanya 30,5%
dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini. Variabel store atmosphere, kualitas
pelayanan dan cita rasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung
kembali di aming coffee Podomoro.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Saputra, Y., Niswan, E., & Untung Utama, N. (2023). PENGARUH STORE ATMOSPHERE, KUALITAS PELAYANAN DAN CITA RASA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DI AMING COFFE PODOMORO. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 9(1), 59–67. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/371
Bagian
Articles

Referensi

Agus Dwiyanto (ed). (2005). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.

Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Bello, A. (2021). Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Pada Kepengurusan Surat Keterangan

Tanah Di Kantor Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang.

Fandy Tjiptono. (2001). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset. (2003). Prinsip-Prinsip

Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset.

Felix, Y. (2022). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Di Kantor

Desa Pak Utan.

Hurriyati. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung: Alfabeta, 2005

I Nyoman Sumaryadi. (2010). Sosiologi Pemerintahan (Dari Perspekstif Pelayanan,

Pemberdayaan, Interaksi, dan Sistem Kepemimpinan Pemerintahan

Indonesia). Bogor: Ghalia Indonesia

Jalaludin Rakhmat, (2011). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Joko Widodo. (2001). Etika Birokrasi dalam Pelayanan Publik. Malang: CV. Citra Malang

Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor

/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan

Kotler. (2008). PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN. 5.

Malo. (N.D.). Rumus Champion Menghitung Sampel. 268. Pelayanan Publik.

Laksana, Fajar.2008.Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis.

Periansah, Juni Doni. manajemen pelayanan. Bandung : Alfabeta, 2017

PERMENPAM RB No. 14 Tahun 2017 Tentang Kepuasan Masyarakat

PERMENPAN RB No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyususan Survey Kepuasan

Masyarakat Keputusan Menteri pendayagunaan aparatur negara nomor: 63 Tahun

tentang pedoman umum penyelenggara pelayanan publik

Pusat Studi Kependidikan dan Kebijakan Universitas Gajah Mada. Yogyakarta Bimo

Walgito. (2002). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset. Deddy

Mulyana. (2005). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Revida, Erika dan kawan- dalam buku Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta :Rosda, 2021

SUGIYONO. (2011). PENGERTIAN SAMPLING PURPOSIVE. 84.

Wulandari, Nur. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan

Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen Kopikita

Semarang). Semarang: Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Diponegoro