Pengaruh inovasi produk, social media terhadap keunggulan bersaing pada umkm cafe dipontianak

Isi Artikel Utama

Arweni
Thea
Muchammad Ariffin

Abstrak

UMKM kuliner juga mempunyai peran strategis dalam memperkuat identitas bangsa
Indonesia unsur kreatifitas pada subsektor kuliner terdapat dalam hal penyajian, estetika,
budaya lokal yang menunjang cita rasa sehingga menarik minat masyarakat untuk membeli.
Kreatifitas pada subsektor kuliner menstimulasi tumbuhnya perusahaan yang bergerak pada
subsektor ini sehingga bisnis usaha dalam bidang kuliner dinilai menjanjikan karena makanan
adalah salah satu kebutuhan pokok manusia.
Inovasi produk merupakan langkah agar para pelaku usaha agar bisa melanjutkan
dalam Peluang untuk mempertahankan dengan menerapkan strategi yaitu inovasi dimasa
pandemi seperti ini membuat para pelaku usaha UMKM harus melakukan inovasi terhadap
produknya karena inovasi dapat memberikan nilai plus pada produk itu sendiri sehingga bisa
menarik perhatian para konsumen.
Para pelaku usaha UMKM dapat lebih gencar melakukan promosi dimedia sosial
selain memanfaatkan momentum, langkah promosi di media sosial juga lebih murah dan tepat
sasaran. Media sosial dapat mengarahkan para pelaku usaha untuk menargetkan pasar yang
sesuai menurut umur, lokasi, disesuaikan dengan produk yang dijual.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey dengan menggunakan kuesioner
kepada para pelaku UMKM kuliber cafe di Pontianak dengan jumlah responden sebanyak 60
orang berdaarkan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah WarpPLS 6.0
dalam pengujian model SEM-PLS. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa inovasi produk berpengaruh signifikan terhdap keunggulan bersaing, social media berpengaruh signifikan
terhadap keunggulan bersaing.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ibrahim, A., Geneveva J.J, T., & Ariffin, M. . (2023). Pengaruh inovasi produk, social media terhadap keunggulan bersaing pada umkm cafe dipontianak. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 9(1), 79–87. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/383
Bagian
Articles

Referensi

Basu Swastha dan Irawan, (2000), Manajemen Pemasaran Modern, Edisi 2, Yogyakarta :

Liberty.

Bharadwaj, Sundar G, P.R.Varadarajan, & Fahly, Jihn. (1993). “Sustainable Competitive

Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research

Propositions“. Journal of Marketing. Vol.57

Buchari, A., 2004. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Alfabeta, Bandung

Chelliah, S., Pandian, S., Solomon, M., & Munusamy, J. 2010. Moderate effect size of the

company: The internationalization of small and medium enterprises (SMEs) in the

Manufacturing Sector. African Journal of business Management, 4(14), pp: 3096-

Djodjobo, C. V., dan Tawas, H. N. 2014. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi

Produk, dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Nasi

Kuning di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen Bisnis dan Akuntansi,

(3), pp: 1214-1224.

Grant, Robert M. 2008. Manajemen Strategik. Jakarta: Mediator.

Gunelius, Susan. 2011. 30 Minute Social Media Marketing. United States : McGraw Hill

Hana, Sofa Daniatul.2016. Pengaruh Supply Chain Management Terhadap Keunggulan

Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Cv. Cynthia Box Kudus. Universitas Islam

Indonesia Fakultas Ekonomi Ygyakarta.

Hill, Shawndra, Foster Provost, Chris Volinsky.2006. Network Based Marketing:

Identifying Likely Adoptors Via Consumer Netorks. Statistical Science 21

Hitt, M. A, Ireland, R. D Camp, S.M and Sexton,D. L.2001. Guest Editor’s Introdution

To The Special Issue- Strategic Entrepreneurship: Entrepreneurial Strategies For

Wealth Creation. Strategic Management Journal

Hurley,Robert. F and Hult, G, Tomas. M. 1998. Inovation, Market Orientation, and

Organizational Learning: An Intergration and Empirical Examination, Journal of

Marketing.

Ibrahim, Ridwan dan Ina Primiana. 2015. Influence Of Strategic Competitive Advantage On

Cooperation Performance. International Journal of Economics, Commerce and

Management, 3(4): 1-18

Ištvanić M. Milić D.C. Krpić Z. 2017. Digital Marketing in the Business Environment,

International Journal of Electrical and Computer Engineering Systems Volume 8,

Number 2, 67-75

Keeh, Hean Tat, Mai Nguyen & Ping. 2007. “The Effects of Entrepreneurial Orientation and

Marketing Informationon the Performance of SMEs”, Journal of Business Venturing,

page: 592-611.

Kotler, Philip., dan Gary Armstrong., 2004, Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kesembilan, Jilid

, dialih bahasakan oleh Alexander Sindoro, Jakarta: Indeks

Kotler, Philip dan Gery Amstrong.2004. Principles of Marketing. Tenth Edition. Prentice

Hall, New Jersey.

Kotler dan Keller.2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi k 13. Jakarta: Erlangga

Lakhal, L. 2009. Impact of Quality in Competitive Advantage and Organizational

Performance. Journal of the Operational Research Society, 60(25), pp: 637-645.

Lukas, Bryan. A and Ferrell, O. C. 2000. The Effect of Market Orientation on Product

Innovation, Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 28, Spring.

Mahmud,Arianti Anomsari. 2011. Analisis Pengaruh Orientasi Kewirausahaan,

Kemampuan Manajemen, dan Strategi Bisnis Dalam Peningkatan Kinerja

Perusahaan ( Studi Pada Usaha Kecil Menengah Di Kawasan Usaha Barito

Semarang).

Mardiyono, Aris. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar, Pembelajaran Organisasi, Terhadap

Keunggulan Bersaing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Jurnal : Ilmiah

UUNTAG Semarang. 4 (1):48-59.

Mayfield, Antoni, 2008, What Is Social Media, UK: icrossing.

Mulyani, Ida Tri. 2015. Upaya Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Orientasi Pasar

dan Orientasi Kewirausahaan dengan Inovasi sebagai Variabel Intervening (Studi

Empiris pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Semarang). Skripsi Fakultas

Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang.

Moctezuma, N.P.B. 2017. Digital Marketing in Building Market Competitiveness in Mexico

Muniz, Jr, Albert & Schau, Hope. 2007. Vigilante Marketing and Consumer- Created

Communications. Journal Of Advertising

Nasir, A. 2017. Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Mebel di

Kabupaten Pasuruan. Jurnal Ilmu Manajemen dan akuntansi.

Nasution, Aulia Arief. 2014. Analisis Kinerja Pemasaran PT Alfa Scorpii Medan. Jurnal

Riset Akuntansi dan Bisnis, 1 (1), h: 1-14

Nuseir M. T. 2018. Digital Media Impact on SMEs Performance in the UAE, Academy of

Entrepreneurship Journal Volume 25, Issue 1, 1-13

Parkman, I. D., Samuel S. H., and Helder. S., 2012. Creative industries: Aligning

Entrepreneurial Orientation and Innovation Capacity, Jurnal of Research in

Marketing and Entrepreneurship, 14(1), pp: 95-114.

Porter, Michael E. 2008. The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Special Issue on

HBS Centennial. Harvard Business Review 86

Prakosa, Bagas, 2005, “Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi Dan Orientasi Pembelajaran

Terhadap Kinerja Perusahaan Untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi Empiris

Pada Industri Manufaktur Di Semarang)”, Journal Studi Manajemen & Organisasi,

Vol. 2 No.1

Pranaka, Anshar Surya,dkk. 2017. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Keunggulan

Bersaing (Studi Kasus Pada Usaha Menengah Guten Inc Bandung)

Primbada, Adjie.2015. Shopee Berambisi Jadi Pemimpin Mobile Marketplace C2C di

Indonesia

Priambada, S. 2015. Manfaat Penggunaan Media Sosial Pada Usaha Kecil Menegah

(UKM), (November), 2–3.

Schaupp, L. C., & Bélanger, F. 2014. The Value of Social Media for Small Businesses.

Journal of Information Systems, 28(1): 187–207.

Schneider, G. 2012. Electronic Commerce. Tenth Edition. Cengage Learning.

Sinclaire, Jollean K. and Clinton E. Vogus. 2011. Adoption Of Social Netorking

Sites: An Eploratory Adaptive Structuration Perspective For Global

Organization. Information Technology.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sunyoto, D. 2015. Keunggulan Bersaing. Jakarta: PT. Buku Seru.

Suryadi D. F., Ilyas M.I. F. (2018), Adopsi Online Food Delivery Service bagi Wirausaha

Pemula di Kota Makassar (Studi Kasus pada Big Bananas), Prosiding Seminar Hasil

Penelitian (SNP2M) 2018 (pp.75-80)

Tjiptojo, Fandy, Chandra, Gregorius.2004. Services Quality Satisfaction. Penerbit Andi,

Yogyakarta.

Umar, Husein. Strategik Manajemen In Action. Jakarta: PT. Gramedia Pustakama, 2003.

Usmara, Usi. 2008. Pemikiran Kreatif Pemasaran. Yogyakarta : Amara Books

Wahyono.2002. Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran.

Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Volume 1 No 1