STUDI MINAT PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS) BAGI UMKM DI KOTA PONTIANAK

Isi Artikel Utama

Rianti
Cesy

Abstrak

Pemanfaatan teknologi terkini bagi pelaku UMKM merupakan langkah krusial untuk membangun
ketahanan bisnis. Tujuan awal dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh pengembangan
model Unified Theory of Technology Use Acceptance (UTAUT) dan kepercayaan pengguna dalam
mengadopsi sistem pembayaran digital yang dikenal dengan Quick Response Indonesia Standard
(QRIS) khususnya pada pelaku UMKM yang berlokasi di Pontianak. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui niat perilaku UMKM dalam mengadaptasi sistem pembayaran QRIS. Metodologi penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data primer merupakan hasil dari perolehan data melalui
kuesioner pilihan ganda yang diisi oleh responden. Teknik purposive sampling dipilih untuk memenuhi
tujuan penelitian dengan menentukan karakteristik responden yang merupakan pelaku UMKM yang
mengetahui mekanisme sistem pembayaran QRIS namun belum menggunakannya. Model penelitian
akan dihitung dengan menggunakan Warp PLS 7.0 sebagai alat analisis Structural Equation Model
(SEM). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pelaku UMKM tidak dipengaruhi oleh pengaruhi sosial
dalam memunculkan minat dalam penggunan sistem pembayaran QRIS pada proses bisnis.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Reswari, R. A., & Iola Kariza, C. (2023). STUDI MINAT PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS) BAGI UMKM DI KOTA PONTIANAK. E-Jurnal Equilibrium Manajemen, 9(1), 98–108. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/385
Bagian
Articles

Referensi

Bhattacherjee, A. (2016). Individual Trust in Online Firms : Scale Development and Initial

Test. 19(1), 211–241.

Chairunnisa, S. M., Alfina, A., & Yasmin, A. (2020). Observing Micro, Small, and Medium

Enterprises (MSMEs) Readiness to Support Cashless Society. The Winners, 21(2), 101–

https://doi.org/10.21512/tw.v21i2.6722

Chan, S., & Asni, K. (2021). Revival approach to increase MSMEs resilience during COVID19: experience from Aceh, Indonesia. Proceedings of AICS-Social Sciences, 11, 452–

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014a). Business Research Methods (12th ed.).

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014b). Business Research Methods (12th ed.). McGrawHill.

Doosti, S., Jalilvand, M. R., Asadi, A., Khazaei Pool, J., & Mehrani Adl, P. (2016). Analyzing

the influence of electronic word of mouth on visit intention: the mediating role of

tourists’ attitude and city image. International Journal of Tourism Cities, 2(2), 137–148.

https://doi.org/10.1108/IJTC-12-2015-0031

Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., Jeyaraj, A., Clement, M., & Williams, M. D. (2019). Reexamining the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ( UTAUT ):

Towards a Revised Theoretical Model. 719–734. https://doi.org/10.1007/s10796-017-

-y

Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to

Theory and Research. Contemporary Sociology, 6(2), 244.

https://doi.org/10.2307/2065853

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis,

New International Edition. Pearson.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2022). Multivariate Data Analysis.

Cengage Learning.

https://www.google.co.id/books/edition/Multivariate_Data_Analysis/PONXEAAAQBAJ

?hl=en&gbpv=1&dq=hair+2022+multivariate&pg=PA10&printsec=frontcover

Jayanti, P. E., & Ariyanto, D. (2019). Pengaruh Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha,

Faktor Sosial Budaya, dan Kondisi yang Memfasilitasi pada Penerapan SIA di LPD Kota

Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 534. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i01.p20

Kala’lembang, A. (2021). Digitalization in increasing SMEs productivity in the post COVID19 pandemic period. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 2(16),

–110. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2021-1/16-08

Kharisma, A. M. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Behavior Intention Masyarakat

Gen Y dalam Menggunakan QRIS pada Berbagai Toko Ritel di Kota Batam. MAMEN

(Jurnal Manajemen), 2(1), 60–70. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1386

Musyaffi, A. M., Johari, R. J., Rosnidah, I., Sari, D. A. P., Amal, M. I., Tasyrifania, I.,

Pertiwia, S. A., & Sutanti, F. D. (2021). Digital Payment during Pandemic: An Extension

of the Unified Model of QR Code. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(6),

–223. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0166

Nada, D. Q., Suryaningsum, S., Kusuma, H., & Negara, S. (2021). Digitalization of the Quick

Response Indonesian Standard ( QRIS ) Payment System for MSME Development.

JICP, 4(3), 551–558.

Patil, P., Tamilmani, K., Rana, N. P., & Raghavan, V. (2020). Understanding consumer

adoption of mobile payment in India: Extending Meta-UTAUT model with personal

innovativeness, anxiety, trust, and grievance redressal. International Journal of

Information Management, 54, 102144. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102144

Prayogo, R. R., & Kusumawardhani, A. (2016). Examining Relationships of Destination

Image, Service Quality, e-WOM, and Revisit Intention to Sabang Island, Indonesia. Asia

Pacific Management and Business Application, 5(2), 85–96.

https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2016.005.02.3

Puspitasari, A. A., Salehudin, I., Management, L., & Indonesia, U. (2022). Quick Response

Indonesian Standard ( QRIS ): Does Government Support Contribute to Cashless

Payment System Long-term Adoption ?

Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk

Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar. E-Jurnal

Akuntansi, 30(2), 540. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i02.p20

Sari, D. M., Ahmad, R., & Irwansyah. (2022). Digital Literacy Readiness From The MSME

Perspective: Literature Review. RJOAS, 11(November), 51–59.

https://doi.org/10.18551/rjoas.2022-11.06

Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of

Information Technology: Extending the Unifies Theory of Acceptance and Use of

Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157–178.

https://doi.org/10.1109/MWSYM.2015.7167037

Wahyudin, N., Herlissha, N., & Aldiesi, D. R. (2022). The Utilization of E-Commerce and

QRIS as Digital Payment Tools to Improve Sales Performance through Competitive

Advantage in MSME. 7, 134–147.

Wardani, L. P. A. K., & Masdiantini, P. R. (2022). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi

Usaha, Faktor Sosial Budaya, Motivasi Hedonis dan Nilai Harga terhadap Minat

Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris). Jurnal Ilmiah Akuntansi

Dan Humanika, 12(1), 254–264.

Zhou, T. (2013). An empirical examination of continuance intention of mobile payment

services. Decision Support Systems, 54(2), 1085–1091.

https://doi.org/10.1016/j.dss.2012.10.034