STUDI MINAT PENGGUNAAN QUICK RESPONSE INDONESIA STANDARD (QRIS) BAGI UMKM DI KOTA PONTIANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemanfaatan teknologi terkini bagi pelaku UMKM merupakan langkah krusial untuk membangun
ketahanan bisnis. Tujuan awal dari penelitian ini adalah untuk memahami pengaruh pengembangan
model Unified Theory of Technology Use Acceptance (UTAUT) dan kepercayaan pengguna dalam
mengadopsi sistem pembayaran digital yang dikenal dengan Quick Response Indonesia Standard
(QRIS) khususnya pada pelaku UMKM yang berlokasi di Pontianak. Penelitian bertujuan untuk
mengetahui niat perilaku UMKM dalam mengadaptasi sistem pembayaran QRIS. Metodologi penelitian
yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data primer merupakan hasil dari perolehan data melalui
kuesioner pilihan ganda yang diisi oleh responden. Teknik purposive sampling dipilih untuk memenuhi
tujuan penelitian dengan menentukan karakteristik responden yang merupakan pelaku UMKM yang
mengetahui mekanisme sistem pembayaran QRIS namun belum menggunakannya. Model penelitian
akan dihitung dengan menggunakan Warp PLS 7.0 sebagai alat analisis Structural Equation Model
(SEM). Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pelaku UMKM tidak dipengaruhi oleh pengaruhi sosial
dalam memunculkan minat dalam penggunan sistem pembayaran QRIS pada proses bisnis.
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Bhattacherjee, A. (2016). Individual Trust in Online Firms : Scale Development and Initial
Test. 19(1), 211–241.
Chairunnisa, S. M., Alfina, A., & Yasmin, A. (2020). Observing Micro, Small, and Medium
Enterprises (MSMEs) Readiness to Support Cashless Society. The Winners, 21(2), 101–
https://doi.org/10.21512/tw.v21i2.6722
Chan, S., & Asni, K. (2021). Revival approach to increase MSMEs resilience during COVID19: experience from Aceh, Indonesia. Proceedings of AICS-Social Sciences, 11, 452–
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014a). Business Research Methods (12th ed.).
Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2014b). Business Research Methods (12th ed.). McGrawHill.
Doosti, S., Jalilvand, M. R., Asadi, A., Khazaei Pool, J., & Mehrani Adl, P. (2016). Analyzing
the influence of electronic word of mouth on visit intention: the mediating role of
tourists’ attitude and city image. International Journal of Tourism Cities, 2(2), 137–148.
https://doi.org/10.1108/IJTC-12-2015-0031
Dwivedi, Y. K., Rana, N. P., Jeyaraj, A., Clement, M., & Williams, M. D. (2019). Reexamining the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology ( UTAUT ):
Towards a Revised Theoretical Model. 719–734. https://doi.org/10.1007/s10796-017-
-y
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, Attitude, Intention and Behavior: An Introduction to
Theory and Research. Contemporary Sociology, 6(2), 244.
https://doi.org/10.2307/2065853
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis,
New International Edition. Pearson.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2022). Multivariate Data Analysis.
Cengage Learning.
https://www.google.co.id/books/edition/Multivariate_Data_Analysis/PONXEAAAQBAJ
?hl=en&gbpv=1&dq=hair+2022+multivariate&pg=PA10&printsec=frontcover
Jayanti, P. E., & Ariyanto, D. (2019). Pengaruh Ekspektansi Kinerja, Ekspektansi Usaha,
Faktor Sosial Budaya, dan Kondisi yang Memfasilitasi pada Penerapan SIA di LPD Kota
Denpasar. E-Jurnal Akuntansi, 534. https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v27.i01.p20
Kala’lembang, A. (2021). Digitalization in increasing SMEs productivity in the post COVID19 pandemic period. Management and Entrepreneurship: Trends of Development, 2(16),
–110. https://doi.org/10.26661/2522-1566/2021-1/16-08
Kharisma, A. M. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Behavior Intention Masyarakat
Gen Y dalam Menggunakan QRIS pada Berbagai Toko Ritel di Kota Batam. MAMEN
(Jurnal Manajemen), 2(1), 60–70. https://doi.org/10.55123/mamen.v2i1.1386
Musyaffi, A. M., Johari, R. J., Rosnidah, I., Sari, D. A. P., Amal, M. I., Tasyrifania, I.,
Pertiwia, S. A., & Sutanti, F. D. (2021). Digital Payment during Pandemic: An Extension
of the Unified Model of QR Code. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 10(6),
–223. https://doi.org/10.36941/ajis-2021-0166
Nada, D. Q., Suryaningsum, S., Kusuma, H., & Negara, S. (2021). Digitalization of the Quick
Response Indonesian Standard ( QRIS ) Payment System for MSME Development.
JICP, 4(3), 551–558.
Patil, P., Tamilmani, K., Rana, N. P., & Raghavan, V. (2020). Understanding consumer
adoption of mobile payment in India: Extending Meta-UTAUT model with personal
innovativeness, anxiety, trust, and grievance redressal. International Journal of
Information Management, 54, 102144. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102144
Prayogo, R. R., & Kusumawardhani, A. (2016). Examining Relationships of Destination
Image, Service Quality, e-WOM, and Revisit Intention to Sabang Island, Indonesia. Asia
Pacific Management and Business Application, 5(2), 85–96.
https://doi.org/10.21776/ub.apmba.2016.005.02.3
Puspitasari, A. A., Salehudin, I., Management, L., & Indonesia, U. (2022). Quick Response
Indonesian Standard ( QRIS ): Does Government Support Contribute to Cashless
Payment System Long-term Adoption ?
Putri, N. K. R. D., & Suardikha, I. M. S. (2020). Penerapan Model UTAUT 2 Untuk
Menjelaskan Niat Dan Perilaku Penggunaan E-Money di Kota Denpasar. E-Jurnal
Akuntansi, 30(2), 540. https://doi.org/10.24843/eja.2020.v30.i02.p20
Sari, D. M., Ahmad, R., & Irwansyah. (2022). Digital Literacy Readiness From The MSME
Perspective: Literature Review. RJOAS, 11(November), 51–59.
https://doi.org/10.18551/rjoas.2022-11.06
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance and Use of
Information Technology: Extending the Unifies Theory of Acceptance and Use of
Technology. MIS Quarterly, 36(1), 157–178.
https://doi.org/10.1109/MWSYM.2015.7167037
Wahyudin, N., Herlissha, N., & Aldiesi, D. R. (2022). The Utilization of E-Commerce and
QRIS as Digital Payment Tools to Improve Sales Performance through Competitive
Advantage in MSME. 7, 134–147.
Wardani, L. P. A. K., & Masdiantini, P. R. (2022). Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi
Usaha, Faktor Sosial Budaya, Motivasi Hedonis dan Nilai Harga terhadap Minat
Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris). Jurnal Ilmiah Akuntansi
Dan Humanika, 12(1), 254–264.
Zhou, T. (2013). An empirical examination of continuance intention of mobile payment
services. Decision Support Systems, 54(2), 1085–1091.