Pengaruh Online Consumer Review dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Second di Bukalapak

Isi Artikel Utama

Febrianawati
Nur Hidayat

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh online consumer review dan
product knowledge terhadap Keputusan pembelian laptop second di Bukalapak. Obyek
penelitian yang digunakan adalah konsumen yang sudah pernah membeli laptop second di
Bukalapak. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Online Consumer Review dan
Product Knowledge sedangkan varibael dependennya adalah Keputusan pembelian. analisis
data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa Nilai koefisien Online Cunsomer Review (X1) terhadap Keputusan Pembelian (Y1)
sebesar 0,531 yang berarti semakin baik Online Cunsomer Review yang dibaca atau
didapatkan oleh konsumen maka akan mendorong peningkatan keputusan pembelian laptop
second di Bukalapak. Nilai koefisien Product Knowledge (X2) terhadap Keputusan Pembelian
(Y1) sebesar 0,273 yang berarti bahwa semakin baik pengetahuan konsumen tentang produk
laptop maka akan mendorong peningkatan dalam melakukan keputusan pembelian laptop
second di Bukalapak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Febrianawati, & Hidayat, N. (2023). Pengaruh Online Consumer Review dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Second di Bukalapak. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 9(2), 132–144. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/439
Bagian
Articles

Referensi

Akdon, dan Riduwan. 2013. Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistika. Bandung: Alfabeta.

Atıl BULUT, Zeki PhD. Determinants of Repurchase Intention in Online Shopping: a Turkish Consumer’s Perspective. International Journal of Business and Social Science Vol. 6, No. 10; October 2015

Atmoko, Bambang Dwi. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita.

Coulter, et.al. 2005. The Evolution of Consumer Knowledge and Sources of Information: Hungary in Transition. Journal of the Academy of Marketing Science, Vol. 33, No. 4. Page. 28-54.

Deavaj, et al. 2003. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Drury, Glen. 2008. Social Media: “Should Marketers Engage and How Can it be Done Effectively”. Journal of Direct.Data and Digital Marketing Practice. (9).

Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2014. “Ekonometrika Teori, Konsep, dan Aplikasi dengan IBM SPSS 22”. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Habibah dan Sumiati. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. Volume 1. No. 1. Jurnal Ekonomi dan Bisnis

Harmani, 2008, Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Keputusan Konsumen Berbelanja di Pasar Turi Baru Surabaya.

Hicks, J.M., Page Jr, T.J., Behe, B.K., Dennis, J.H., & Fernandez, R. Thomas. 2005. Delighted Consumers Buy Again. Journal of Consumer Satisfacton, Disastifaction and Complaining Behaviour,Vol.18, pp.94-104

Kaplan, Andreas dan Michael Haenlein. 2010. User of the world, unite the challenges and opportunities of social media. Kelley School of Business, Indiana University.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke tiga belas. Alih bahasa oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Landsverk, Kjell Halvor. (2014). The Instagram Book: Edition 2014. United Kingdom: PrimeHead Limite

Limoputro, Kevin Renata. 2018. Pengaruh Product Knowledge Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ngohiong Merek M&B. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis

Lin. N.H and Lin. B.S. (2007). The effect Of brand image and product knowledge on purchase intention moderated by price discount. Journal of international management studies, p. 121-132.

Lubis, Raja Fajar Perdana. 2015. Studi Tentang Product Knowledge Dan Keputusan Pembelian Pada Notebook Acer. Diponegoro Journal Of Management

Mahendrayasa, A.C, S. Kumadji dan Y. Abdillah. 2014. Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis 12 (1):1-7

Mileva, Lubiana. Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014/2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks Menggunakan LINE). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 58 No. 1 Mei 2018

Nurgiyantoro, Singgih. Pengaruh Strategi Promosi Melalui Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Garskin Yang Dimediasi Oleh Word Of Mouth Marketing (Studi Pada Konsumen Produk Garskin Merek Sayhello di Kota Yogyakarta). Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Oliver, L. Ricahrd. 2010. Cognitif Affective and Atribute Base of The Satisfaction Respons. Journal of Customer Research, 20: 418-430.

Setyaningrum, Awanda. Pengaruh Brand Experience, Brand Knowledge Dan Advertising Terhadap Repurchase Intention (Studi pada Konsumen Wardah di Purworejo). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Setyaningsih, R. 2008. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Ekuitas Merek untuk Meningkatkan Niat Beli Ulang (Studi Kasus pada Kedai Kopi Dome di Surabaya). Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Simamora, Bilson. 2005. Analisis Multivariat Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Solimun, 2011. Analisis Variabel Moderasi dan Mediasi. Program Studi Statistika FMIPA Universitas Brawijaya. Malang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen. Ghalia Indonesia.

Suryana, Popo. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Implikasinya pada Niat Beli Ulang. Trikonomika Volume 12, No. 2, Desember 2013

Taprial, Varinder & Kanwar, Priya. 2012. Understanding Social Media. London. Ventus Publishing ApS.

Tjiptono, Fandy. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Zanjabila, Ridwan. Analisis Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bandung Techno Park (Studi Pada Pelanggan Bandung Techno Park). e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus 2017