PENGARUH DISKON & PROMOSI DI MEDIASI KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE

Isi Artikel Utama

Liga ALesandro

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh diskon & promosi di mediasi kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada penggunaan aplikasi shopee. Sampel yang digunakan dalam penelitian pembelian online pada aplikasi shopee berjumlah 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode purposive random sampling. Penelitian ini menggunakan sistem penyebaran Kuesioner kepada objek yang di teliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini


adalah Kuesioner, Wawancara, Studi Dokumentasi, Observasi. Metode analisis menggunakan uji validitas konvergen, uji validitas diskriminan, dan reabilitas serta menggunakan program WarpPLS versi 7.0 yang bertujuan untuk membantu mengidentifikasi bahwa diskon dan promosi mampu memediasi kepercayaan terhadap keputusan pembelian yang berpengaruh signifikan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Alesandro, L. (2024). PENGARUH DISKON & PROMOSI DI MEDIASI KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PENGGUNAAN APLIKASI SHOPEE. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 9(2), 155–162. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/442
Bagian
Articles

Referensi

Alfandi, I. (2020). Analisis Pengaruh Diskon, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di E-commerce Shopee. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 86(2), 44-52.

Bella, A. 2018. Shopee Susul Dominasi Dua E-Commerce Unicorn di Indonesia. https://www.marketeers.com/shopee-susul-dominasi-dua-e-commerce-unicorn-di-indonesia/. 23 November 2020 (00:54).

Budiyanto, E. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Diskon Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Giant Supermaket Rungkut Surabaya. Ekonomi.

Hidayah, S. N. 2019. Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, Kepercayaan, dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN).

Kaharu, D. dan A. Budiarti. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pada Cosmic. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen5(3): 1-24.

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12.

Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philiph & Keller, Kevin Lane (2009) marketing management 13e. Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1 & 2, Alih Bahasa Oleh Bob Sabran: Erlanngga Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Principle of Marketing. Edisi Keempat belas, Person Education, New Jersey.

Kurniawati, F., & Sihotang, F. (2019). Pengaruh Harga Diskon dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Kategori Elektronik. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 10(1), 1-11.

Kusnawan, A. Silaswara, D. Andy, dan Sefung, T. 2019. Pengaruh Diskon E- Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial Di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen 5(2): 137-160.

Larasati, F. dan S. Suryoko. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan: Studi pada Pengguna Jasa Pengiriman Surat Kilat khusus PT. Pos Indonesia di Kota Semarang. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(4): 530-538.

Marlinda. 2018. Pengaruh Customer Relation Management dan Kepercayaan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Medan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah. Sumatera Utara.

Siahaan, F. Y. (2020). Pengaruh Diskon dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Pada Shopee. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 23(2), 221-234.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset