Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Reputasi Bank Kalbar Di Kota Pontianak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan jasa, inovasi produk, integritas dan etika, adaptasi teknologi, pelayanan prima, serta pengalaman pengguna terhadap reputasi Bank Kalbar di Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Kalbar. MetodeTeknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji t (parsial) menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap reputasi bank (Y), masing-masing dengan nilai t- hitung: kualitas produk dan jasa (2,032), inovasi produk (2,203), integritas dan etika (3,280), adaptasi teknologi (2,551), pelayanan prima (2,111), dan pengalaman pengguna (2,727), di mana seluruhnya melebihi nilai t-tabel (1,666). Dengan demikian, peningkatan dalam keenam aspek tersebut terbukti mampu memperkuat reputasi Bank Kalbar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan strategis bagi pihak manajemen dalam meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Dewiyan, L. (2017). Studi Perbedaan Karakteristik Konsumen Pada Pelayanan E- Banking Pt. Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Yogyakarta. Doctoral dissertation, UAJY.
Ferozi Ramdana Irsyad, Filja Azkiah Siregar, Jonatan Marbun, & Hasyim Hasyim. (2024). Menghadapi Era Baru : Strategi Perbankan Dalam Menghadapi Perubahan Pasar Dan Teknologi Di Indonesia. Transformasi: Journal of Economics and Business Management, 3(2), 29–46. https://doi.org/10.56444/transformasi.v3i2.1594
Garrett, J. J. (2002). The Elements of User Experience: User-centered Design for the Web. New Riders.
Hassan, R., Nomran, N. M., & Haron, R. (2016). Bank Performance and Shari’ah Supervisory Board Attributes on Islamic banks: Does Bank Size Matter? Journal of Islamic Finance, 6(2), 174–187. https://doi.org/10.31436/jif.v6i0.265
Lauza, A., Rasyidin, M., Saleh, M., Zulfikar, Z., Nova, N., & Rizkina, A. (2024). Analisis Faktor Layanan, Reputasi dan Keamanan yang Mempengaruhi Keputusan Gen Z Menggunakan Perbankan Syariah. TIN: Terapan Informatika Nusantara. Journal Managemen Business, 5(2), 116-124.
Meilani, A., & Sugiarti, D. (2022). Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(3), 2501. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i3.6586
Muhlis, & Hasanah, A. (2023). Pengetahuan Produk dan Reputasi Bank Serta Pengaruhnya Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Indonesia. ABHATS: Jurnal Islam Ulil Albab, 4(1), 28–38. http://abhats.org
Nustini, Y., Umma, M., & Samira, W. A. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Informasi Pada Industri Perbankan Studi Terhadap Penggunaan Mobile Banking. 1st ed. Yogyakarta: Ekonisa.
Pratiwi, Windi. "Sikap dan Perilaku Masyarakat Terhadap Penggunaan Dompet Digital (E-wallet) di Kota Pontianak." Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti 6.1 (2020): 48-56.
Sari, N., Sari, R., Zatia, & Yonathan, S. (2023). Miningkatkan Literasi Fintech Melalui Edukasi Sosial Di Tembilahan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–49.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kialitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Suryani, S., & Hendryadi, H. (2015). A Developing Model of Relationship Among Service Quality, Consumer Satisfaction, Loyalty and Word of Mouth in Islamic Banking. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 7(1), 45–58.
Wahyuni, N. M. I., & Cipta, I. W. (2022). Pengaruh Good Corporate Governance dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Bank Umum Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(3), 297–305