ANALISIS PERSEPSI ANGGOTA TERHADAP SISTEM PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM CU PANCUR KASIH TEMPAT PELAYANAN LEDO
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi anggota terhadap sistem pemberian kredit pada koperasi simpan pinjam cu pancur kasih tempat pelayanan ledo. Metode penilitian yang penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yang dilakukan pada populasi besar maupun kecil, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut sehingga ditemukan kejadian- kejadian relatif, distributing, dan hubungan-hubungan antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah semua anggota Pada Koperasi Simpan Pinjam CU Pancur Kasih Tempat Pelayanan Ledo. Teknik pengambilan sampel yang penulis gunakan adalah pengambilan sampel dilakukan dengan acak sederhana, Dalam penentuan jumlah sampel penulis menggunakan pendapat dari Arikunto, Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah berjumlah 30 orang responden yang mengajukan kredit untuk modal usaha di Kantor CU Pancur Kasih Tempat Pelayanan Ledo.
Berdasarkan hasil analisis, secara keseluruhan pelayanan petugas dalam melayani anggota CU yang mengajukan pinjaman dana atau permohonan kredit memperoleh rata-rata total sebesar 4,42 dan tergolong Baik. Responden merasakan kinerja yang baik dari pelayanan petugas CU terhadap permohonan kredit anggotanya dan yang termasuk dalam kategori Sangat Baik adalah Prosedur peminjaman (Penggolongan/Party) yang menunjukkan kehati-hatian petugas terhadap prosedur dan persyaratan yang dipenuhi oleh anggota yang mengajukan pinjaman seluruhnya memperoleh kategori sangat baik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.