STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GAPOKTAN SARI AGUNG DI DESA SEDAHAYAN JAYA KECAMATAN SUKADANA

Main Article Content

Hery Medianto Kurniawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat strategi strategi pengembangan usaha Gapoktan Sari Agung di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sukadana Desa Sedahan Jaya tepatnya pada Gabungan Kelompok Tani (GPOKTAN) Sari Agung di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana. Waktu penelitian dilakukan  selama 4 (empat) bulan yaitu pada bula April – Juli 2020, terhitung sejak pengumpulan data hingga selesai. Penelitian dilakukan pada Gabungan Kelompok Tani (GPOKTAN) Sari Agung di Desa Sedahan dengan alasan karena GPOKTAN Sari Agung di merupakan salah satu GAPOKTAN yang sedang berkembang, berproduksi dan berupaya untuk mengembangan hasil produksinya pada pngasa pasar local dan antar provinsi sehingga perlu dilakukan kajian strategi yang harus dijalankan oleh GAPOKTAN Sari Agung. Pada penelitian ini variabel yang diamati adalah kekuatan, peluang, ancaman, dan kelemahan yang ada pada Gabungan Kelompok Tani (GPOKTAN) Sari Agung di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana. Populasi dalam penelitian ini adalah Gabungan Kelompok Tani (GPOKTAN) Sari Agung di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana. Menurut Hadari (2000) sampel adalah bagian dari populasi yang menjadi sumber data yang sebenarnya dalam suatu penelitian. Sampel penelitian adalah Gabungan Kelompok Tani (GPOKTAN) Sari Agung di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana. Teknik analisis data yang digunakan di dalam penelitian  ini adalah analisis kualitatif, yakni menjelaskan strategi pemasaran dengan menggunakan Analisis SWOT, yaitu dengan melihat lingkungan internal yang berupa Strenght  dan Weakness serta lingkungan eksternal yang berupa Opportunity dan Threat.  Kombinasi faktor internal dan eksternal dilihat melalui Analisis Kuadran TOWS Matrix membandingkan antara faktor internal (Strength and Weakness) dan faktor eksternal (Opportunity and Threat). Hasil penelitian menunjukkan kekuatan utama pada Gapoktan Sari Agung  adalah seluruh anggota Gapoktan Sari Agung yang mengusahakan usahatani tanaman padi dengan nilai skor sebesar 0,022, sedangkan faktor kelemahan utama Gapoktan Sari Agung adalah Produksi beras yang dihasilkan olah anggota Gapoktan Sari Agung belum kontinyu dengan nilai skor sebesar 0,021. Peluang utama pada Gapoktan Sari Agung adalah permintaan beras  lokal (kampung) yang cenderung  meningkat dengan nilai skor sebesar 0,026, sedangkan faktor ancaman utama Gapoktan Sari Agung adalah perubahan selera dan daya beli masyarakat dengan nilai yakni 0,022. Berdasarkan Total Nilai Skor dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman berada pada S = 0,022,  W = 0,021, O = 0,026 dan   T = 0,022. Dari data ini maka diperoleh titik kordinat kwadran yakni berada pada  (S – W) = (0,022 – 0,021) = 0,001, (O – T) = (0,026 – 0,022) = 0 ,004 tepatnya di Kudaran I dengan titik koordinat  (0,001 : 0,022). Dari peta strategi pemasaran terebut maka Gapokatan Sari Agung di Desa Sedahan Jaya berada pada Kuadran I.  Pada Kuadran I memberikan gambaran berkenaan dengan situasi yang sangat menguntungkan karena Gabungan Kelompok Tani (GPOKTAN) Sari Agung di Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana memiliki kekuatan yang positif   dan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus dijalankan adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strategy).

Article Details

How to Cite
Medianto Kurniawan, H. . (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA GAPOKTAN SARI AGUNG DI DESA SEDAHAYAN JAYA KECAMATAN SUKADANA. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 4(1), 9–22. Retrieved from https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/150
Section
Articles

References

Azziano, Zulkifli. 2011. Pengantar Tataniaga Pertanian. Departemen Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor, Bogor

Agustinus Sri Wahyudi. 2006. Manajemen Stratejik : Pengantar Proses Berfikir Strategik. Binapura Kasara. Jakarta.

Ken Suratiah. 2011. Ilmu Pengolahan usaha. Penebar Swadaya. Jakarta

Hanafiah dan Saefudin. 1986. Tataniaga Hasil Pertanian. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

Hadari Nawawi. 2000. Metodologi Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta, Gajahmada University Press.

Hamim, Alhusni Duki. 2009. Tataniaga Pertanian Kursus Singkat Managemen Agribisnis Pertanian di Kampuis Universitas Lampung . Palembang.

Husein,Umar,SE.,MM.,MBA. 2008. Metodologi Penelitian Aplikasi Dalam Pemasaran. Cetakan kedua, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta

Koteler, Philip and Gary Amstrong. 2007. Principle Of Marketing. Alih Bahasa : Drs. Alexander Sudiro.

Mubyarto. 2001. Pengantar Ekonomi Pertanian. LP3ES, Jakarta.

Michael E. Porter. 2007. Strategi Bersaingh : Teknik Manganalisis Industri Dan Pesaing. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Michael A. Hitt, R. Duane Ireland, Robert E. Hoskinson. 2009. Manajemen Strategis, Menyongsong Era Persaingan Dan Globalisasi. Alih Bahasa Arman Hediyanto.

Rangkuti, Freddy. 2001. Measuring Customer Satisfaction, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

RA. Supriyono. 2008. Manajemen Strategi dan Kebijakan Bisnis. Penerbit BPFE Yogyakarta