ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BENGKAYANG

Main Article Content

Norlili
Naiyun Untung Utama

Abstract

Penelitian ini berjudul “ Analisis Tingkat kepuasaan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang “ dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap mutu pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkayang.


Dalam metode penelitian, penulis menggunakan metode deskriptif yaitu dengan menggambarkan atau melukiskan keadaan subyek dan obyek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta yang tampak atau sebagaimana adanya dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kuesioner dan studi dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang datang untuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan sampel yangh diambil sebanyak 30 orang. Teknik analisa data yang digunakan untuk menganalisis adalah analisis kualitatif sedangkan teknik pengukuran data digunakan skala likert yaitu memberikan skor pada masing-masing jawaban responden berdasarkan bobot tertentu, untuk variable penelitian menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat.


Jika dilihat dari hasil penelitian maka pelayanan yang dilakukan selama ini sudah cukup baik, namun ada beberapa sub variable yang masih harus diperbaiki. Penulis memberikan beberapa saran dan masukan kepada instansi,  diharapkan dapat berguna dan bermanfaat sehingga pelayanan yang dilakukan menjadi lebih baik. 

Article Details

How to Cite
Norlili, & Untung Utama, N. (2017). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BENGKAYANG. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 3(1), 61–67. Retrieved from https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/81
Section
Articles