Tingkat Penggunaan (Use) dan Penerimaan (Acceptance) Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Perguruan Tinggi di kota Pontianak)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap seluruh aspek kehidupan tidak terkecuali dunia pendidikan. Perubahan metode pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (online learning) harus dilakukan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa perguruan tinggi di Pontianak terhadap tingkat adopsi, penggunaan dan penerimaan pembelajaran daring (online learning) saat pandemi COVID-19. Faktor sifat (termasuk di dalamnya pengaruh dan motivasi), kontrol perilaku yang dirasakan dan keterlibatan kognitif menjadi pertimbangan mahasiswa dalam mengadopsi teknologi tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deksriptif kuantitatif yang menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan quota sampling. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa perguruan tinggi di Kota Pontianak dengan jumlah minimal 180 responden dengan 36 pertanyaan penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pemusatan pada unsur rata-rata.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Copyright (c) 2021 Jurnal Equalibrium

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Jurnal Equalibrium is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Referensi
Albelbisi dan Yusop. (2019). Factors Influencing Learners’ Self-Regulated Learning Skills in a Massive Open Online Course (MOOC) Enviroment. Turkish Online Journal of Distance Education, 20, 1-16.
Gikas dan Grant. (2013). Mobile Computing Devices in Higher Education : Student Perspectives on Learning with Cellphones, Smartphones and Social Media. The Internet and Higher Education 19:18-26.
GTK Dikmen Diksus. (2020). Pembelajaran Daring Memberikan Banyak Manfaat. PGDIKMEN
Heckel dan Ringeisen. (2019). Pride and Anxiety in Online Learning Environments : Achievement emotions as Mediators Between Learners’ Characteristics and Learning Outcomes. Journal of Computed Assisted Learning.
Indrawati, et al. (2017). Perilaku Konsumen Individu dalam Mengadopsi Layanan Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Refika Aditama
Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis : Konvergensi Teknologi Komunikasi dan Informasi. Bandung : Refika Aditama
Kamil. (2016, September 3). Kilas Balik Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Pandemi COVID-19. Kompas
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Kemdikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19) Pada Satuan Pendidikan.
Kemp, Palmer dan Strelan. (2019). A Taxonomy of Factors Affecting Attitudes Towards Educational Technologies For Use With Technology Acceptance Models. British Journal Education Technology, 50, 2394-2413.
Korocu dan Alkan. (2011). Differences Between m-Learning (Mobile Learning) and e-Learning, Basic Terminology and Usage of m-Learning in Education. Procedia-Social and Behavioral Science 15:1925-1930.
Milman. (2015). Web-based Digital Teaching Portfolios : Fostering Reflection and Technology Competence in Preservice Teacher Education Students. Journal of Information Technology for Teacher Education. 13(3).
Moore, Dickson-Deane dan Galyen. (2011). E-learning, Online Learning and Distance Learning Environments : Are They the Same?. The Internet and Higher Education. 14(2) : 129-135.
Patricia. (2020). College Student’s Use and Acceptance of Emergency Online Learning Due to COVID-19. International Journal of Educational Research Open.
Pemerintah Kota Pontianak. (2020). Pantauan COVID-19. Tersedia : https://covid19.pontianakkota.go.id
Sadikin dan Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi.
Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta