Pengaruh Kelompok Acuan, Kelas Sosial, dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Swalayan Mitra Anda di Pontianak

Isi Artikel Utama

RICOLA DEWI RAWA
Melya Yosita
Puty Febriasari

Abstrak

Hampir di seluruh kota di indonesia terdapat pusat perbelanjaan dengan beragam bentuk dan jenisnya, mall, hypermarket, supermarket, minimarket atau swalayan mudah sekali ditemukan di setiap sudut kota. Tempat-tempat belanja atau pusat perbelanjaan seperti mall, hypermarket, supermarket, minimarket atau swalayan yang banyak menghadirkan barang-barang keperluan sehari-hari. Hal ini menyebabkan persaingan perusahaan ritel tersebut berinteraksi semakin ketat didukung oleh kepemilikan modal yang sangat kuat guna meraih keunggulan di dalam memasuki pasar kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kelompok acuan terhadap keputusan berbelanja pada swalayan mitra anda di Pontianak. (2) Untuk mengetahui pengaruh kelas sosial terhadap keputusan berbelanja pada swalayan mitra anda di Pontianak. (3) Untuk mengetahui bauran pemasaran terhadap keputusan berbelanja pada swalayan mitra anda di Pontianak. Penelitian ini akan dilaksanakan mulai bulan Oktober 2021 sampai dengan Desember 2021. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian asosiatif kausal Sedangkan untuk metode yang digunakan dalam penelitian asosiatif ini adalah metode survey. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data cross section. Sumber data yang digunakan ada dua yaitu, Data primer dan Data Sekunder. Data primer diperoleh dari menyebar kuesioner ke konsumen yang berbelanja di pasar swalayan PT. Mitra Anda Pontianak. Data sekunder dari penelitian ini seperti data dari internet dan surat kabar. Metode regresi yang digunakan adalah dengan metode regresi linier berganda. Keluaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah : (1) mampu memberikan informasi bagi para praktisi dibidang pemasaran terkait dengan aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan pasar sasaran mereka. (2) Hasil penelitian ini untuk target luarannyan akan di masukkan ke dalam jurnal yang berakreditasi (Jurnal Ilmiah Manajemen, Universitas Mercu Buana Jakarta, Sinta 2) yang nantinya penelitian ini dapat memberikan manfaat kepada peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi untuk mengadakan penelitian sejenis. Hasil penelitian menujukkan bahwa responden banyak yang berbelanja di Swalayan Mitra Anda Pontianak karena ada kesesuaian antara harapan dan keingininan konsumen. Saran peneliti ditujukan kepada pihak Swalayan Mitra Anda Pontianak agar lebih meningkatkan image Swalayan Mitra Anda Pontianak yang merupakan tempat belanja umum yang tidak membatasi konsumen yang masuk baik itu dari golongan atas, menengah ataupun bawah agar konsumen jika ingin belanja di Swalayan Mitra Anda Pontianak merasa nyaman tidak terpengaruh image bahwa Swalayan Mitra Anda Pontianak hanya untuk golongan atas saja. Peneliti juga memberikan saran Mungkin pihak Swalayan Mitra Anda Pontianak membuat iklan ataupun papan billboard agar dapat tersebar dengan luas di seluruh kota Pontianak.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rawa, R. D., Yosita, M., & Febriasari, P. (2022). Pengaruh Kelompok Acuan, Kelas Sosial, dan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berbelanja Pada Swalayan Mitra Anda di Pontianak. Jurnal Equilibrium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Panca Bhakti, 8(1), 68–95. Diambil dari https://jurnal.upb.ac.id/index.php/equalibrium/article/view/295
Bagian
Articles

Referensi

Assauri, S. (2013). Manajemen Pemasaran; Dasar, Konsep dan Strategi.

Jakarta : PT. Grafindo Persada

Augusty, Ferdinand. 2011. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Indoprint

Christina Widya, Utami. 2012. Manajemen Ritel, Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Gujarati, Damodar.2000. Ekonometrika Dasar. Erlangga. Jakarta. Jotopurnomo, S., Laurensia, S., Semuel, H., (2015). Pengaruh Harga, Brand

Image, Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Beli Reservasi Hotel Secara Online. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol 3 (No.1), hal 341 – 353.

J. Supranto, (2006). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.

Juliansyah Noor.(2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi Karya Ilmiah. Cetakan Kedua. Jakarta:Kencana Prenada Media.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pemasaran. (Alih Bahasa Hendra Teguh dan Ronny A. Rusli) Jilid 2. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip, dan Kevin L. Keller (2009). Manajemen Pemasaran. Terjemahan: Bob Sabran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong (2012).Principle of Marketing, Fourteenth Edition. Pearson Education International Limited, England.

Lamb, W. C, Joseph F. Hair dan Carl M. 2000. Pemasaran Buku 1. PT. Salemba Empat Patria. Jakarta.

Moekijat. 1990. Kamus Manajemen. Cetakan Keempat. Mandar Maju. Bandung. Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Mowen, J.C dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi Kelima Terjemahan. Erlangga. Jakarta.

Ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan : Pengembangan Model Konseptual Penerapan Citizen’s Charter dan Standar Pelayanan. Pustaka Pelajar

Simamora, B., 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. PT. Gram Pustaka.

Jakarta.

Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Smith, P.R. 2001. Great Answer to Tough Marketing Questions: Jawaban Jitu Untuk Berbagai Pertanyaan Pemasaran Yang Sulit. Jakarta: Erlangga.

Solomon, Michael R. (2011). Consumer Behavior; Buying Having, and Being.

th. New Jersey: Pearson Prentice Hall

Sugiyono. 2002. Statistika Untuk Penelitian, Bandung: CV. Alfabeta. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung:

Alfabeta.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. 2000. Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Cetakan Ketiga. BPFE. Yogyakarta.

Swastha, Basu, DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Yogykarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Cetakan keenam.

Andi Offset. Yogyakarta

Tjiptono, F. dan G. Chandra, (2012). Pemasaran Strategik. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Zeithaml, V. A. And M. J. Bitner. dialih bahasakan Ratih Hurriyanti. 2013.

Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Alfabeta, Bandung.