Analisis Dampak Lalu Lintas Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit PT Palma Bumi Lestari
Abstract, introduction, research methods, results and discussion, conclusion, references.
Abstrak
Indonesia merupakan produsen minyak kelapa sawit terbesar di dunia dengan produksi 36 juta ton pada tahun 2019. Pembangunan pabrik kelapa sawit diperkirakan akan berdampak pada lingkungan dan lalu lintas, termasuk sikap masyarakat, kelancaran lalu lintas, antrian, dan keselamatan. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 17 Tahun 2021, analisis dampak lalu lintas wajib dilakukan untuk pembangunan yang berpotensi menimbulkan gangguan, untuk menilai dampak yang ditimbulkan oleh pembangunan pabrik kelapa sawit. Penelitian ini akan mengkaji dampak pembangunan pabrik kelapa sawit terhadap lalu lintas terutama pengaruh nilai Degree of Saturation (DS) dan Level of Service (LOS). Metode penelitian meliputi pengumpulan data, analisis kinerja jalan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, dan simulasi lalu lintas mikro untuk mengevaluasi kinerja jaringan jalan dan sistem transportasi. Dalam penelitian ini, juga menggunakan empat tahapan (four step) pemodelan lalu lintas sebagai metode analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada zona dengan skenario Do-Something berdasarkan tipe pendekatan dan waktu siklus, nilai Degree of Saturation (DS) mengalami penurunan setiap tahunnya, namun nilai Level of Service (LOS) tetap tidak berubah. Sementara itu, pada zona dengan skenario Do-Something berbasis perbaikan geometrik, hasil peningkatan cukup signifikan, yaitu sebesar 29,3% di Jalan Raya Pulau Bendu dan 13,8% di Jalan Raya Ngabang – Sanggau. Meskipun demikian, nilai Level of Service (LOS) tetap tidak mengalami perubahan.
Kata Kunci: Andalalin, Pabrik, Nilai DS, Nilai LOS.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Teknologi Infrastruktur

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.