PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Isi Artikel Utama

Aika Widiarti
Risal Risal
Renny Wulandari
Nova Adetia

Abstrak

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh
literasi keuangan, pengetahuan investasi dan motivasi investasi terhadap minat mahasiswa
berinvestasi dengan perkembangan teknologi sebagai variabel moderasi. Data yang dipakai
adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner secara langsung menggunakan
hard copy dan google form. Sampel penelitian sebanyak 130 mahasiswa yang tergabung dalam
Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada berbagai perguruan
tinggi yang ada di kota Pontianak. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu
probability sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda
dan Moderated Regression Analysis (MRA) dengan alat bantu program SPSS versi 25. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan, pengetahuan investasi, dan motivasi
investasi berpengaruh terhadap minat mahasiswa berinvestasi. Sedangkan, perkembangan
teknologi memoderasi hubungan motivasi investasi terhadap minat mahasiswa berinvestasi.
Namun, teknologi informasi tidak memoderasi pengaruh literasi keuangan dan pengetahuan
investasi terhadap minat mahasiswa berinvestasi di pasar modal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Widiarti, A. ., Risal, R., Wulandari, R. ., & Adetia, N. . (2024). PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGETAHUAN DAN MOTIVASI INVESTASI TERHADAP MINAT MAHASISWA BERINVESTASI DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Investasi, 4(2), 65–73. https://doi.org/10.54035/jaadi.v4i2.493
Bagian
Articles